Milad ke-47, DMI dan MUI Gelar Halalbihalal dan Seminar Sehari

0

JAKARTA – Dalam rangka Milad ke-47, Dewan Masjid Indonesia (DMI) bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyelenggarakan Halalbihalal dan Seminar Sehari dengan tema ‘Islam Rahmatan Lil’alamin Sebagai Modal Utama Membangun Bangsa’ serta Launching Pendidikan Khatib dan Da’i Nasional berkelanjutan pada Rabu (17/7) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jl. Jend. Sudirman Kav. 86, Karet Tengsin, Jakarta Pusat.

KH. Abdul Manan A. Ghani selaku Ketua Panitia dalam sambutannya menyampaikan bahwa DMI 47 tahun lalu didirikan oleh berbagai ormas Islam diantaranya Persatuan Masjid Indonesia (PERMI), Ikatan Masjid dan Mushalla Indonesia (IMAMI), Ikatan Masjid Indonesia (IKMI), Majelis Ta’miril Masjid Muhammadiyah, Hai’ah Ta’miril Masjid Indonesia (HTMI), Ikatan Masjid dan Mushalla Indonesia Muttahidah (IMMIM), Majelis Kemasjidan Al-Washliyah, dan Majelis Kemasjidan Majelis Dakwah Islamiyah (MDI).

“Masjid adalah tempat sujud, dan keadaan yang paling dekat seorang hamba dengan Tuhannya ialah ketika sujud. Masjid dibangun atas dasar taqwa. Masjid bisa membentuk manusia yang bertaqwa. Manusia yang bertaqwa inilah yang membangun peradaban,” ucap Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama tersebut

Kiai Manan berharap dengan diadakannya halalbihalal ini terjadi silaturahim antar tokoh Islam pasca pilpres dan pileg serta terbangun ukhwah Islamiyah, ukhwah wathaniyah dan ukhwah insanuyah di Indonesia.

Lebih lanjut, Mantan Ketua Lembaga Takmir Masjid PBNU tersebut berharap Indonesia sebagai negeri dengan muslim terbesar di dunia menjadi Imam, bukan sekedar partisan. Terutama dalam mengawal perdamaian di dunia.

Selanjutnya, Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin menjadi pembicara kunci dalam Milad DMI ke-47. Milad yang bertemakan ‘Memakmurkan Masjid dan Dimakmurkan Masjid’ dan Seminar Sehari dibuka oleh Wakil Presiden Dr. H. M. Jusuf Kalla yang ditandai dengan pemukulan bedug dan pemotongan tumpeng sekaligus Launching Pendidikan Khatib dan Dai Nasional Berkelanjutan serta Launching Buku Pedoman Arsitektur Masjid. (eep)

Comments
Loading...