Portal Berita & Informasi JATMAN

Milad ke-16, Prodi PAI UNJ Gemakan Shalawat

0 81

Jakarta – Badan Eksekutif Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam biasa disingkat BEMP PAI Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan ‘Gema Shalawat UNJ (GSU) sebagai acara puncak lomba Muslim Culture Fair (MCF) 4’. Acara tersebut diadakan dalam rangka memperingati maulid Nabi Muhammad Saw sekaligus Milad prodi PAI yang ke-16.

Acara ini mengangkat tema “Merekontruksi Sikap Pribadi Islam Rahmatan Lil ‘Alamin Sebagai Aplikasi Dari Cinta Kepada Nabi Muhammad Saw”. Pembacaan kisah maulid nabi yang dibawakan Tim Hadrah PAI mengawali acara di Aula Bung Hatta, Gd. Pasca Sarjana, UNJ Kampus A, Rawamangun, Jakarta Timur pada Rabu (28/11).

Dalam sambutannya koordinator prodi PAI Ibu Rihlah menyampaikan bahwa setiap tahun pasti kita mengadakan peringatan Maulid Nabi, karena maulid Nabi merupakan budaya di UNJ.

Sementara Syaikh Fikri Thariq dalam tausiyahnya mengingatkan agar kita senantiasa bershalawat serta meneladani akhlak beliau. “Orang yang paling dekat dengan Nabi Muhammad Saw dihari kiamat nanti yaitu, orang yang paling banyak bershalawat (hadis riwayat Imam Turmudzi). Dalam riwayat lain orang yang paling dekat dengan Nabi Muhammad Saw ialah yang bagus akhlaknya (hadis riwayat Imam Ahmad)”.

Beliau melanjutkan, “Habib Umar bin Hafidz menyimpulkan bahwa kedua hadits tersebut tidak dapat dipisahkan maknanya, artinya semakin banyak bershalawat semakin tumbuh rasa cinta kepada Nabi Muhammad  Saw, karena cinta yang semakin besar engkau pasti berakhlak dengan akhlak Nabi, dan dengan akhlak terbaik itu engkau akan menjadi orang yang terbaik di dunia dan di akhirat,” ungkapnya di hadapan ratusan civitas akademika UNJ.

Dai yang sudah akrab di televisi ini juga mengungkapkan bahwa peringatan Maulid Nabi merupakan kesepakatan para pemimpin bangsa ini sehingga 12 Rabiul Awal diitetapkan menjadi libur nasional di Indonesia.

Acara juga dimeriahkan oleh tim marawis dan hadrah PAI, Nasyid Elbass (Juara 1 lomba nasyid MCF 4), Alma mahasiswi vokalis Syubbanul Akhyar serta tim Ratoeh Jaroe PAI. (eep/nurul/arif)

Comments
Loading...