Meriahkan Hari Santri, MATAN UNJ Adakan Ziarah Ulama Betawi

0

Jakarta – MATAN UNJ atau Mahasiswa Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah Univeritas Negeri Jakarta bekerjasama dengan BEM PAI (Badan Eksekutif Mahasiswa Pendidikan Agama Islam) mengadakan napak tilas perjuangan Ulama dengan “Ziarah Kubur Ulama Betawi”.

“Kegiatan ini menjadi bagian dari rangkaian Peringatan Hari Santri Nasional (HSN), yang puncak akbarnya adalah Kirab dan Seminar yang diadakan pada 5 November 2018” ungkap Umi Sa’diyah salah seorang panitia HSN UNJ 2018 kepada JOL.

Ziarah ini diikuti oleh sekitar 45 mahasiswa dari berbagai jurusan, baik yang tergabung dalam MATAN maupun tidak. Diawali dari titik kumpul di Tugu UNJ rombongan ziarah mengunjungi satu demi satu destinasi ulama di bilangan Jakarta.

Diantara makam yang Sabtu (27/10) lalu di ziarahi adalah:

1. Pangeran Jayakarta ( Jatinegara Kaum )
2. K.H. Zayadi Muhajir (Klender)
3. Syekh Ahmad Marzuki (Cipinang Muara)
4. Habib Utsman bin Yahya (Pondok Bambu)
5. K.H. Abdullah Asy-Syafi’i (Jatiwaringin)

Menurut Arip Suprasetio, ia menuturkan bahwa, “hakikat ziarah adalah mengingatkan tiap jiwa akan kematian.” Menurutnya saat kita berdoa hanyalah kepada Allah, sedangkan para wali bisa menjadi perantara agar doa kita mudah diijabah dengan sebab kemuliaan kedekatan mereka dengan Allah. “Jangan salah memahami,” ujar Ketua MATAN UNJ tersebut. (eep)

Comments
Loading...