Mengenal Makam Keramat yang Sering Diziarahi Habib Lutfhi

Makam yang terletak di Jakarta Utara ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Setiap harinya dikunjungi ratusan peziarah. Makam ini sering dikunjungi oleh Rais ‘Aam Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah (JATMAN) Habib Luthfi bin Yahya setiap beliau ke Jakarta.

Sebenarnya siapa yang dimakamkan di sana? Di sana terdapat makam ulama yaitu makam Habib Husein bin Abdullah bin Abu Bakar Alaydrus beserta murid kesayangannya sekaligus sahabat yaitu Haji Abdul Qodir.

Masjid dan Makam Luar Batang terletak di jalan Luar Batang, Gang V No.1, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara. Menurut sejarawan A. Hauken SJ, Masjid Luar Batang dibangun pada tahun 1739 M sedangakan Habib Husein wafat pada tahun 1756 M.

Habib Husein bin Abdullah atau yang dikenal sebagai Habib Husein luar batang berasal dari Hadhramaut, Yaman Selatan. Beliau hijrah meninggalkan tanah airnya ketika remaja, setelah mendapat restu dari sang Ibu. Keputusan untuk pergi menyebarkan Islam ia ambil paska Habib Abdullah bin Alwi Al Haddad gurunya meninggal dunia tahun 1720 M pada usia 98 tahun.

Awalnya, ia singgah di Gujarat, India, namun tak lama pindah ke Nusantara. Beliau sempat menyambangi Aceh, Banten, Cirebon, dan Jawa Timur. Namun akhirnya memutuskan untuk menetap di Sunda Kelapa. Habib Husein bin Abdullah meninggal dunia pada 24 Juni tahun 1756 M atau bertepatan dengan 17 Ramadhan 1169 H.

Konon katanya nama Luar Batang berasal dari sebuah peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Dikisahkan ketika Habib Husein wafat lalu jenazah beliau pun dimasukkan ke dalam sebuah keranda yang menurut istilah setempat biasa disebut dengan kurung batang. Dengan kurung batang itulah jenazah dibawa ke tempat pemakaman di daerah Tanah Abang.

Namun, ketika kurung batang itu dibuka di tempat pemakaman tersebut, ternyata jenazah Habib Husein tidak ada dan ditemukan di tempat tinggal beliau. Kejadian tersebut berulang sampai tiga kali dan akhirnya Habib Husein dimakamkan di tempat tinggal beliau yang saat ini dikenal dengan kampung Luar Batang.

Makam Keramat Luar Batang sangat ramai dikunjungi. Ketika haul Habib Husein bisa sampai ribuan pengunjung atau peziarah dalam sehari. Haul Habib Husein rutin diadakan tiap tahun pada minggu akhir di bulan Syawal yang diprakarsai oleh Habib Utsman bin Yahya yang waktu itu menjabat sebagai mufti Betawi.

Kenapa Haul diadakan pada akhir minggu di bulan Syawal padahal Habib Husein meninggal tanggal 17 Ramadhan. Menurut Habib Utsman bin Yahya, para ulama dan habaib selama bulan Ramadhan jarang keluar rumah karena khusyuk beribadah kepada Allah.

Maka atas usul habib Utsman bin Yahya, bahwa haul habib Husein diadakan setiap akhir Minggu di bulan Syawal. Di samping mengharap keberkahan dari shahibul maqam, acara haul juga dijadikan sebagai ajang silaturahim dan halal bi halal para ulama dan para kaum muslimin.

Sumber: Buku Parawisata Halal Potensi Wisata Religi di DKI Jakarta dan Buku Mesjid-Mesjid Tua di Jakarta

Baca Lainnya
Komentar
Loading...