Mengenal Al Muntada As Sufy Al ‘Alamy (World Sufi Forum)

0

PEKALONGAN – Al Muntada As Sufy Al ‘Alamy ialah suatu forum konferensi Ulama Sufi Internasional yang dibentuk oleh Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (JATMAN) bersama-sama dengan Masyayikh luar negeri yang terpilih berdasarkan kebijakan Idarah Aliyah JATMAN.

Al Muntada As Sufy Al ‘Alamy diselenggarakan oleh Idarah Aliyah JATMAN pada tanggal 2 s/d 5 Sya’ban 1440 H atau bertepatan dengan 8 s/d 10 April 2019 bertempat di Pekalongan yang bersifat mengikat bagi warga Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (JATMAN).

Al Muntada As Sufy Al ‘Alamy adalah lembaga permusyawaratan tertinggi Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah yang dinyatakan sah apabila dihadiri sedikitnya separoh lebih dari utusan Ulama Sufi dalam Negeri dan luar negeri yang sah.

Adapun peserta Al Muntada As Sufy Al ‘Alamy terdiri atas:
1. Ulama Sufi Luar Negeri
2. Idarah ‘Aliyah
3. Idarah Wustha
4. Idarah Syu’biyah
5. Tokoh Agama
6. Tokoh Masyarakat
7. TNI – Polri
8. Pimpinan Pondok Pesantren
9. Undangan Khusus

Al Muntada As Sufy Al ‘Alamy memiliki sidang yang terdiri dari Sidang Pleno dan Sidang Komisi. Sidang Pleno adalah sidang yang digelar untuk pengambilan keputusan-keputusan Al Muntada. Sedangkan Sidang Komisi adalah sidang khusus untuk membahas masalah tertentu sebagai bahan pengambilan keputusan pada sidang pleno.

Adapun Sidang Komisi terdiri dari:
Komisi A : Komisi Thariqiyah dan Pembentukan Organisasi Sufi Internasional
Komisi B : Komisi Peranan Tasawuf Dalam Bernegara dan Pembentukan Akhlak
Komisi C : Komisi Fiqih Dalam Perspektif Tasawuf
Komisi D : Komisi Ekonomi Dalam Perspektif Tasawuf

Untuk pengambilan keputusan-keputusan Al Muntada sedapat mungkin diambil atas dasar musyawarah mufakat; apabila tidak terdapat kesepakatan maka keputusan diambil atas dasar Fatwa Rais Aam JATMAN setelah mendengarkan pertimbangan Masyayikh Peserta Al Muntada. Pengambilan keputusan juga didasarkan atas kaidah-kaidah thariqiyah dan kemaslahatan Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah.

Pemilihan dan penetapan Rais dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Sufi Internasional dilakukan Ahlul Halli wal ‘Aqdi yang jumlah dan personalnya ditentukan oleh Rais Aam Idarah Aliyah JATMAN selaku Rais Sufi Internasional berdasarkan Muktamar 2012 di Malang Jawa Timur, setelah mendapatkan saran dan pendapat Masyayikh peserta Al Muntada.

Al Muntada As Sufy Al ‘Alamy kali ini mengambil tema: ‘Peranan Tasawuf Untuk Kebahagiaan Umat Manusia dan Keselamatan Negara’.

Sumber: Buku Panduan Forum Sufi Internasional

Comments
Loading...