Portal Berita & Informasi JATMAN

Memahami Hakikat Anugerah Allah

0 35

“Pertolongan Allah yang diberikan kepadamu tidak karena sesuatu (amal) dalam dirimu, (sebab) dimana dirimu berada telah memperoleh pertolongan-Nya dan penjagaan-Nya, (padahal) pada zaman azali belum ada amal ikhlas yang dilakukan (oleh hamba) dan belum ada kondisi yang nyata, bahkan pada saat itu tidak ada kecuali anugerah Allah dan keagungan pemberian-Nya semata.”

Maqalah diatas menjelaskan tentang kebesaran anugerah Allah yang diberikan kepada semua hamba berupa inayah (pertolongan Allah) dan ri’ayah (penjagaan Allah). Faktanya dalam kehidupan sehari-hari kita telah merasakan inayah dan ri’ayah Allah, lalu bagaimana memahami hakikat kedua hal tersebut.

Perlu dipahami bahwa Allah dalam memberikan pertolongan kepada hamba itu bukan karena suatu amal yang dilakukan oleh hamba melainkan semata anugerah-Nya, sebab Allah telah menetapkan segala sesuatu (inayah dan ri’ayah Allah) yang akan terjadi pada tiap hamba telah ditetapkan pada zaman azali, sementara pada saat itu wujud hamba belum ada apalagi wujud amal yang ikhlas.

Karena itu, kita dapat memahami apapun bentuk pertolongan dan penjagaan Allah yang diberikan oleh Allah kepada hamba telah ditetapkan pada zaman azali bukan karena suatu amal yang dilakukan oleh hamba. Dengan demikian, kita akan semakin bersyukur kepada Allah atas segala anugerah yang diberikan kepada kita dan semakin menyadari ketidak berdayaan kita.

Semoga kita menjadi hamba yang pandai bersyukur atas segala kenikmatan dan limpahan anugerah yang diberikan kepada kita.

Oleh: KH. Ali Abdillah

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

twenty − twelve =