Portal Berita & Informasi JATMAN

MATAN UNSIQ dan MATAN Wonosobo Gelar Seminar Tasawuf

0 69

Wonosobo – Senin (3/12) Mahasiswa Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyah (MATAN) Universitas Sains Al Quran (UNSIQ) dan MATAN Wonosobo menyelenggarakan Seminar Tasawuf dan Psikologi Islam di Aula Rumah Makan Gayatri, Kertek, Wonosobo, Jawa Tengah.

Acara dimulai sejak pukul 09.00 wib, diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al Quran dan shalawat thariqiyah. Lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars Ya Lal Wathan. Disambung dengan sambutan yang pertama dari Khabib Ngabdullah Ketua Komisariat MATAN UNSIQ dan sambutan kedua dari KH. ‘Athaillah Asy’ari pembina MATAN UNSIQ dari Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an (PPTQ) Al Asy’ariyah.

Panitia dari kedua MATAN tersebut bekerjasama dengan JATMAN Wonosobo menghadirkan Mudir Am JATMAN KH. Wahfiudin Sakam sebagai pembicara utama. Kiai Wahfi panggilan akrabnya menegaskan bahwa, “tarekat bukan penyebab kemunduran umat Islam, kehadirannya justru untuk menyelamatkan manusia dari 3 penyakit manusia modern. Satu paradigma materialistik, kedua sekularitik dan ketiga hedonistik,” ungkap wakil talqin Abah Anom Suryalaya.

Khirjan Mawali selaku moderator seminar menuturkan bahwa salah satu alasan diadakannya acara ini ialah ‘untuk memperkuat motivasi dan kesadaran di kalangan milenial untuk bertarekat, dan memahaminya sebagai kebutuhan untuk semua kalangan baik tua maupun muda.’ Sedangkan Mukhlasin berpendapat bahwa, “materi yang dihidangkan sangat mencerahkan dan menginspirasi, semoga acara seperti ini bisa diadakan di angkatan selanjutnya,” ujar ketua panitia tersebut saat dihubungi kru JOL.

Hadir KH. Nur Shadiq pengasuh Ponpes Al Marshuf, KH. Abrar perwakilan JATMAN Wonosobo, KH. Musthafa pengasuh Ponpes Al Kautsar,  H. Toto pemilik RM. Gayatri sekaligus pengurus JATMAN Idarah Aliyah Lajnah Cinta Tanah Air, Al Farid Ketua MATAN Wonosobo, serta para penggerak TQN Suryalaya perwakilan Wonosobo dan 50 Mahasiswa UNSIQ dari berbagai jurusan seperti PAI, tafsir, teknologi informatika, ilmu hukum, manajemen, perbankan hingga teknik sipil. (eep)

Comments
Loading...