Portal Berita & Informasi JATMAN

MATAN UNJ dan BEMP PAI Gelar Kirab Santri dan Seminar Nasional

0 71

Jakarta – Senin (5/11) MATAN UNJ (Mahasiswa Ahlith Tahriqah Al Mu’tabarah An Anahdliyyah Universitas Negeri Jakarta) bekerjasama dengan BEMP PAI (Badan Eksekutif Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam) UNJ kembali menggelar peringatan HSN (Hari Santri Nasional). Acara kali ini bertemakan “Kirab Hari Santri dan Seminar Nasional” setelah sebelumnya dilaksanakan dua acara yaitu, Pembacaan dan Pengijazahan Kitab Dalailul Khairat serta Ziarah Kubur Ulama Betawi. “Acara ini adalah puncak dari rangkaian perayaan Hari Santri Nasional,” ujar ketua pelaksana, Syaiful Ma’arif.

Kirab Santri dimulai sejak pukul 09.00 s/d 11.30 WIB dengan iringan musik hadroh oleh BEMP PAI. “Konsep kirab yang diikuti para mahasiswa itu dimulai dari Plaza UNJ kemudian berjalan bersama-sama melalui Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Gedung Pascasarjana, Fakultas Ilmu Sosial hingga kembali ke titik awal di Plaza UNJ. Kami juga membagikan souvenir kepada mahasiswa berupa permen yang dihiasi dengan kata-kata motivasi tentang santri. Setelah itu kirab dilanjutkan dengan acara makan bersama”, Syaiful Ma’arif menjelaskan lebih lanjut.

Hal tersebut mengundang apresiasi dari Mahasiswa UNJ yang menyaksikan, apalagi saat pembacaan puisi secara bergantian oleh Adi Rahzalafna, M. Faisal, M. Syarief Haikal dan Nurlela Haryati. “Puisinya bikin haru, makin berasa peran santri dan kiyai” ungkap salah seorang peserta kirab.

Usai Kirab, pukul 13.00 WIB seminar dengan tema “Pengawal Moderasi Islam Indonesia” dilangsungkan di Aula Maftuchah lantai 2, Gedung Dewi Sartika. Seminar tersebut dihadiri oleh ratusan peserta baik dari kalangan mahasiswa maupun umum. Hadir sebagai narasumber Dr. Suwendi, M.Ag (Kasubdit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat PTKI Kemenag RI, Dr.Muhammad Suaib Tahir, MA (Staf Ahli Pencegahan BNPT), dan Drs. Imam Gunawan, M.Ap. (Sekretaris Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI). Turut hadir Wakil Rektor II UNJ Dr. Komaruddin, M.Si selaku Keynote Speaker serta Pembina MATAN UNJ Dr. Andy Hadiyanto, MA dan beberapa dosen Pendidikan Agama Islam.

“Seminar ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang pentingnya peran santri dan pemuda dalam NKRI serta memproteksi mahasiswa agar tidak terjangkit virus radikalisme.” jelas Arip Suprasetio, Ketua MATAN UNJ. (Eep)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

1 × 4 =