Connect with us

MATAN

MATAN UIN Sunan Kalijaga adakan Rutinan Ngaji Sejarah Online

Rabu 7 Oktober 2020, Mahasiswa Ahlith Thariqah al Mu’tabarah an Nahdliyyah (MATAN) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta adakan Ngaji Sejarah Online via Instagram TV yang kedua.

Published

on

Yogyakarta, JATMAN Online: Kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari Ngaji Sejarah #1 yang mengangkat judul “Pangeran Diponegoro dan Syattariyah” dengan narasumber Syekh Fatkur Rohman Thoyyib (Mbah Sarimbit), Mursyid TQN Syadziliyyah Syattariyyah dan Pengasuh Ponpes Assetresiyyah Garuwan, Juwana, Pati, Jawa Tengah yang dilaksanakan pada 8 September 2020.

Ngaji Sejarah #2 kali ini mengangkat Judul “Mengenal Biografi KH Baidlowi bin Abdul Aziz Lasem: Sang Rais Akbar JATM”. Narasumber untuk ngaji Sejarah #2 ini adalah KH. Abdul Aziz Mas’ud, Pengasuh Ponpes Roudlotul Muhibbin Sumbergirang, Lasem, Rembang, Jawa Tengah yang masih merupakan cucu dari KH Baidlowi bin Abdul Aziz Lasem.

Kegiatan ini dilaksanakan di Ndalem (tempat) KH. Abdul Aziz Mas’ud selama dua hari, yakni 6 dan 7 Oktober 2020.

Pada tanggal 6 membahas dua bab yaitu Perjalanan pendidikan dan Peran. Kontribusi Mbah Baidlowi Lasem yang menguraikan nasab, perjalanan nyantri, berbaiat thariqah, mengabdikan diri di Ponpes Alwahdah Lasem peninggalan ayah beliau, hingga Peran Menjadi Nadhir di Masjid Jami’ Lasem.

Kemudian menjadi Rais Akbar JATM (saat ini menjadi JATMAN), dan memberikan gagasan status Presiden saat muktamar NU 1947 dengan pendapatnya “Soekarno huwa waliyul amri addaruri bissyaukah”. Sedangkan pada tanggal 7 membahas bab Akhlaq Sufistik Mbah Baidlowi Lasem yang meliputi sikap ikhlas, wara’i, zuhud, kesederhanan, kebijaksanaan, toleransi dan cinta kasih dengan menghadirkan fakta sejarah yang disajikan melaui cerita menarik dan asyik.

Ngaji Sejarah Online ini dilatarbelakangi karena terinspirasi dari semangat dari para mursyid untuk jangan melupakan sejarah dan meneladani para pendahulu.

Dalam situasi Pandemi yang tak kunjung berakhir ini sehingga memunculkan ide dari kawan-kawan MATAN UIN SUKA Yogyakarta untuk mengkaji sejarah secara online yang dapat dinikmati oleh khalayak umum melalui akun Instagram TV @MATANuinsuka. [Aang]

Berita

Menuju Sinergi yang Berenergi dan Kebersamaan yang Berbarokah

Published

on

Sidrap

Sidrap, JATMAN ONLINE: Pengurus Cabang (PC) MATAN Sidrap mengadakan kunjungan silaturrahmi kepada Ketua Tanfidziyah PCNU Kab. Sidrap, Kamis, 22 Juli 2021.

Dalam kunjungan kali ini diikuti oleh Ust. Hudri Mattaliu, SH. (Ketua PC MATAN Sidrap) dan Muhammad Rusmin Al-Fajr (Pembina PC MATAN Sidrap) bersama kader MATAN dan jama’ah Majelis Futuhiyyah Haqqani. Kunjungan silaturrahmi ini diterima langsung oleh Ketua Tanfidziyah PCNU Kab. Sidrap, Gurutta Muhammad Yusuf Marjoni, S. Sos.I. di kediaman beliau di Desa Anrelli, Kec. Kulo.

Menurut Muhammad Rusmin, kunjungan silaturahmi ini selain bertujuan untuk semakin menguatkan ukhuwah islamiyah, juga diharapkan kunjungan silaturrahmi dapat menciptakan sinergi dan kebersamaan antara Tanfidziyah PCNU Sidrap dengan Pengurus MATAN secara khusus dan Ahlith Thariqah secara umum. Dengan sinergi akan menciptakan energi, dan dengan kebersamaan akan mendatangkan keberkahan.

Momentum silaturrahmi ini juga dimanfaatkan untuk mengadakan Majelis Dzikir dan Shalawat. Harapannya, semoga dengan lantunan dzikir dan shalawat tersebut dapat mengundang turunnya rahmat dari Allah, berkah dari Rasulullah SAW serta madad dari para Auliya wal mursyidin.[MRF]

Continue Reading

Berita

PPKM Darurat, MATAN Kota Cirebon Adakan Bansos

Published

on

Cirebon, JATMAN.OR.ID – Pengurus Cabang MATAN Kota Cirebon mengadakan acara Bakti Sosial (Baksos) peduli kepada masyarakat yang terdampak PPKM Darurat Covid-19. Agenda ini digelar sebagai upaya meringankan beban masyarakat kelas bawah yang terkena secara langsung dan tidak langsung akibat PPKM Darurat Covid-19 pada Minggu (18/7). 

Pembagian paket sembako dan pakaian dilakukan secara langsung di beberapa jalanan Kota Cirebon dengan menyasar masyarakat yang membutuhkan.

Sohib M. habiburohman selaku Ketua PC MATAN Kota Cirebon menjelaskan bahwa kegiatan ini terselenggara atas dukungan dan kerja sama dari seluruh Pengurus Cabang Matan Kota Cirebon.

“Kami, khususnya PC MATAN Kota Cirebon turut prihatin pada dampak PPKM Darurat ini, maka perlunya kami mengulurkan sebagian apa yang kita punya untuk mereka yang terkena dampak dari pada PPKM Darurat covid 19,” jelasnya.

Selanjutnya Wakil Ketua MATAN Kota Cirebon Sohib Chaerul Umam berharap wabah virus corona ini cepat berakhir.  

“Kita semua berharap semoga Covid-19 ini segera berlalu dan kita bisa kembali hidup normal. Meskipun akan sulit juga bagi kita karena setelah ini yang terjadi adalah era new normal. Dimana akan ada kebiasan baru yang mucul di masyarakat,” ungkapnya. (ap)

Continue Reading

Berita

MATAN IAIN Cirebon Adakan Pembacaan Ratib Al-Haddad untuk Keselamatan Bangsa

Published

on

MATAN IAIN Cirebon

Cirebon, JATMAN.OR.ID: Pengurus Komisariat (PK) Mahasiswa Ahlith Thariqoh Al-Mu’tabarah An-Nahdliyah (MATAN) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon Adakan Pembacaan Ratib Al-Haddad dan Do’a Bersama untuk Keselamatan Bangsa Secara Virtual, Kamis, (15/7/21).

Acara yang dibarengi dengan Ngaji Tasawuf itu dihadiri oleh Pengurus Komisariat, demisioner MATAN IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Pengurus Cabang MATAN Kota Cirebon dan Kang Imamuddin SQ (mantan Ketua Pengurus Cabang MATAN Kota Cirebon periode 2018-2020) yang juga selaku pengisi materi Ketasawufan.

Acara Dwi mingguan ini sedikit berbeda karena dibarengi dengan pembacaan Ratib Al-Haddad dan Do’a untuk keselamatan bangsa, Imamuddin selaku pemateri ngaji tasawuf menuturkan, semoga dengan diadakannya kegiatan ini bisa menjadi media kita untuk berikhtiar meminta perlindungan dari Allah SWT.

MATAN IAIN Cirebon

“Semoga dengan diadakannya kegiatan ini bisa menjadi media kita untuk berikhtiar meminta perlindungan dari Allah SWT.” tuturnya

Melanjutkan, ” Saya apresiasi penuh dan perlu diadakan lagi kajian tentang tasawwuf ini. Karena penting sekali dalam kehidupan ini. Dan senang karena peserta sangat semangat dan antusias, semoga bisa menjadi pencerahan bagi kita semua.”pungkasnya.

Ketua Pengurus Komisariat, Khumaedi NZ menuturkan bahwa kegiatan ini ikhtiar kita sebagai hamba supaya tetap dalam lindungan-Nya.

“Kegiatan ini sebagai ikhtiar kita untuk selalu mengharap pertolongan-Nya Semoga dengan diadakannya kegiatan ini kita senantiasa diberikan kesehatan dan perlindungan-Nya.” Ucapnya.[Ahmad Kamiludin]

Continue Reading

Facebook

Arsip

Trending