MATAN UIN Suka Gelar Diskusi Cara Menjadi Pribadi Percaya Diri

YOGYAKARTA – MATAN UIN Sunan Kalijaga kembali mengadakan rutinan pembacaan Ratib Al-Aydrus dan Diskusi Tematik ‘Mengolah Fikir, Meracik Emosi, Menjadi Pribadi Percaya Diri’ di Selasar Masjid UIN Sunan Kalijaga, Sleman, Yogyakarta, pada Sabtu (19/10).

M. Nur Hadi S.TH.I yang  juga kembali menjadi pemantik pada diskusi tersebut, mengatakan bahwa segala sesuatu yang Allah ciptakan itu tidak ada yang sia-sia. Diantara ciptaan Allah yang paling baik dan paling sempurna itu adalah manusia.

“Kita semua yang berkumpul disini jika kok merasa tidak percaya diri, maka itu bisa masuk kategori tidak mensyukuri nikmat Allah. Kita harus bisa membedakan percaya diri dan sombong, sombong itu sudah pasti membandingkan diri dengan yang lain namun jika percaya diri itu kita mengagumi dan menghargai diri kita bisa mulai dari fisik hingga hati kita,” imbuh Hadi saat memulai diskusi.

“Saat ingin percaya diri, kita harus mengenali diri kita sendiri, mengenali pikiran, mengenali emosi, mengenali fisik, serta mengenali kekurangan kita. Karena yang bisa mengetahui dan mengenali kekurangan adalah diri kita masing-masing,” terang Hadi.

Oleh karena itu kita perlu berdzikir untuk membersihkan pikiran, data negatif dan emosi negatif yang ada pada diri kita. Memang pembersih yang paling cepat adalah dzikir, salah satunya seperti yang dilakukan sebelum diskusi tadi melalui pembacaan rotib, semoga bisa istiqomah dan bisa  membersihkan segala bentuk hal negatif.

“Berbicara tentang pembersih baik pikiran maupun hati, tidak terlepas dari kata ‘Husnudzan’ yang mana untuk berfikir hal itu, harus melibatkan hati, pikiran dan ucapan yang positif, ketiganya harus seimbang.” tambah Hadi.

Sebagai MATAN kita harus percaya diri, karena MATAN membawa kebaikan dengan menumbuhkan rasa menghargai diri sendiri dan berniat selalu melakukan kebaikan. (Lila Muttamimmah)

Komentar
Loading...