MATAN Purwakarta Gelar Diskusi Pentingnya Tasawuf Tangkal Ekstremisme

PURWAKARTA – PC MATAN Purwakarta menggelar Diskusi Interaktif yang membincangkan, “Pentingnya Tasawuf dan Islam Rahmatan lil’alamin di Era Milenial Menangkal Radikalisme dan Ekstremisme yang Mengancam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara”. Diskusi diadakan di PP Al Muhajirin 3 Citapen, Rabu (27/11).

Drs. Uus Usna M.Si, Kepala Kesbangpol Purwakarta sebagai narasumber mengingatkan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan.

“Semua elemen bangsa, mulai dari masyarakat, ormas, TNI-Polri, ulama dan umara wajib menjaga persatuan dan kesatuan untuk menuju sebuah bangsa dan negara yang maju dan penuh keberkahan,” ujarnya.

Sedangkan tokoh ulama muda Purwakarta, KH. R. Marfu Muhyidin Ilyas, MA mengungkapkan ada hubungan yang kuat antara tasawuf, Islam rahmatan lil’alamin, serta kedamaian bangsa dan negara.

“Ada ikatan kuat antara tasawuf dan rahmatan lil’alamin, serta keamanan, kedamaian, ketenteraman kehidupan bangsa dan negara bahkan dunia. Ketika semua orang mulai terbuka dan mau mempelajari dan mengamalkan ajaran Islam dan ajaran tasawufnya. Maka semua akan tercipta keadaan dan kondisi sesuai dengan apa yang diharapkan,” kata Pimpinan PP Al Muhajirin Kampus I itu.

Ketua PC MATAN Kab. Purwakarta, Dr. H. Sri Muldrianto M.Pd mengatakan pentingnya belajar dan mengamalkan tasawuf melalui guru Mursyid.

“Ketika batin kita mulai dibersihkan melalui tasawuf dan tarekat, maka setiap aktivitas kita akan senantiasa sesuai dengan ajaran agama. Karena nilai ihsan terpatri dalam qalbu manusia,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu turut hadir dari Polres Purwakarta, “Tidak ada kaitannya Islam dengan radikalisme dan ektremisme. Semua unsur radikalisme dan ektremisme timbul karena kurangnya pemahaman yang benar sesuai aqidah ahlussunnah wal jamaah. Pihak Polres melalui satuan Binmas juga berharap akan bersinergi dengan JATMAN dan MATAN dalam menyiarkan Islam rahmatan lil’alamin,” tegas Pak Ajat.

KH. Anang Nasihin MA, Katib Awal Idarah Syu’biyah JATMAN Kab. Purwakarta mengucapkan terima kasih kepada MATAN dan JATMAN yang terus istiqamah mensyiarkan thariqah. Pimpinan PP Al Muhajirin 3 Citapen itu menilai MATAN dan JATMAN mesti berperan dalam terciptanya keamanan dan ketentraman bangsa dan negara sebagai bukti rasa syukur kepada Allah atas nikmat kemerdekaan Indonesia.

Ketua PCNU Kab. Purwakarta, KH. Drs. Bahir Mukhlis, M.Pd dalam sambutannya juga mengajak semua elemen untuk memperbaiki diri lahir batin melalui ajaran tasawuf yang digelorakan JATMAN dan MATAN.

“Inti ajaran tasawuf ialah cinta, karena cinta lah kita ada dan dunia pun aman damai sejahtera bahagia,” tutupnya.

Hadir dalam diskusi tersebut, Ust. Zaini Rafli Mudir Idarah Syu’biyyah JATMAN Kab. Purwakarta, KH. Usman, pimpinan ponpes Cilangkap, Kapolsek Sukatani, Babinsa Serka Suparta, Koramil Sukatani, Staf 1 Kodim 0619 Purwakarta, serta perwakilan GP. Ansor, Banser, dan Rijalul Ansor Sukatani. (eep/rfl)

Komentar
Loading...