MATAN Pinrang Aktif Sosialisasi Tarekat dalam Acara Maulid Nabi SAW

PINRANG – Acara peringatan Maulid Nabi SAW diisi dengan talenta menarik dari siswa-siswi MAN Pinrang, yakni dengan menyanyikan mars hubbul wathan minal iman dan pembacaan shalawat, serta membawakan acara dengan tiga bahasa yang berbeda, Arab, Inggris dan Indonesia.

Acara ini bertemakan “Peringatan Maulid; Momentum Meneladani Akhlak dan Kepribadian Rasulullah Muhammad SAW dan Mempererat Ukhuwah Islamiyah dalam Bingkai NKRI”. Yang diadakan di MAN Pinrang pada Selasa (19/11).

Ansyar, MA., Kepala MAN Pinrang dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini terselenggara atas kerjasama keluarga besar MAN Pinrang, mulai dari OSIS, tenaga Pendidik dan Kependidikan, Ikatan Alumni MAN, MATAN (Mahasiswa Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah) dan masyarakat sekitar.

Alimuddin Budung, Ketua Komite MAN Pinrang sekaligus anggota DPRD Kabupaten Pinrang menuturkan, umat Islam harus lebih mencintai Nabi Muhammad dan Al Quran sebagai pedoman hidup, serta menggemakan semangat cinta tanah air (hubbul wathan minal iman) di setiap kelas Madrasah.

Alamsyah Sa’ban Miru, M.Th.I., Ketua JATMAN Pinrang mengaku untuk berusaha membantu kader MATAN aktif di berbagai event. Termasuk membangun kerjasama di acara maulid sebagai bentuk sosialisasi tareakat dan MATAN kepada seluruh guru-guru, alumni dan siswa MAN beserta masyarakat.

“Sebagaimana motto yang dikenal di MATAN, memasyarakatkan tarekat dan mentarekatkan masyarakat,” imbuhnya.

Dr. K. M. Mahmud Suyuti, M.Ag., dalam hikmah maulid menjelaskan bahwa mengikuti nabi Muhammad SAW harus cerdas. Baik dalam membaca dan memahami hadis dari aspek tekstual maupun kontekstual, terutama mencermati aspek asbabul wurud hadis.

Ia juga menjabarkan bagaimana kedudukan tarekat dalam Islam. “Poin penting dari meneladani nabi adalah mengambil ilmu dan berkah kepada ulama yang bersanad. Yang namanya pewaris mempunyai silsilah yang hubungan keilmuannya sampai kepada nabi Muhammad SAW, inilah yang sangat dipelihara oleh ahli tarekat, yaitu menjaga silsilah. Silsilah ini untuk menyambungkan keruhanian kepada rasulullah SAW melalui mursyid tarekat mu’tabarah,” terang Ketua PC MATAN Sulawesi Selatan tersebut.

Idham Galib, MA., selaku ketua panitia menuturkan bahwa yang hadir dalam acara maulid ini di antaranya, Keluarga Besar Kantor Kemenag Pinrang, kepala Camat Paleteang, Kapolsek, Danramil, pengurus MATAN, pengurus IPNU dan IPPNU, tokoh agama dan masyarakat dan seluruh siswa siswi MAN Pinrang. (hrd/eep)

Komentar
Loading...