MATAN PC Pinrang Gelar Ziarah dan Tamasya Masjid Tua

0

PINRANG – Memulai pekan pertama bulan Muharram 1441 H, Pengurus Cabang MATAN Pinrang Sulawesi Selatan mengadakan agenda yang menarik, diantaranya dengan mengadakan ziarah ke makam ulama penyebar Islam dan bertamasya ke masjid tua serta mengunjungi kediaman peninggalan ulama kharismatik pada Jum’at (6/9) untuk melihat kilas sejarah Islam berkembang di Pinrang.

“Agenda ziarah ini selain dalam rangkaian ta’aruf MATAN, dimaksudkan juga untuk menuai berkah di bulan Muharram,” ucap Ketua PC MATAN Pinrang, Hardianto.

Hardianto menuturkan bahwa makam yang diziarahi diantaranya ialah makam penyebar Islam yang bernama To Salamaka Bulu’ Nene’. Lalu makam Raja Pinrang yaitu Petta Lasinrang atau yang akrab dikenal Bakka Lolona Sawitto yang diadakan sejak tanggal 1 Muharram 1441 H.

Ziarah kemudian dilanjutkan pada Jum’at (6/9) ke makam ulama kharismatik Syaikh KH. Muhsin Affandi yang disapa Kali Jampue, Syaikh Sayyid Muhammad Ismail Syihab, dan makam Datuk Lanrisang.

Selain berziarah, MATAN Pinrang juga mengadakan Ta’aruf MATAN yang digelar usai berziarah dan shalat Jum’at yang bertempat di masjid Besar Taqwa Jampue dan berakhir hingga sore hari.

“Ta’aruf MATAN dilaksanakan sebagai start atau awal melaksanakan Suluk Matan dengan menyosialisasikan keberadaan MATAN di tengah masyarakat. Sasarannya bagi masyarakat awam, seluruh komponen masjid termasuk pengurus dan jamaah,” imbuh Hardianto.

Sebagai informasi, masjid Taqwa Lama Jampue yang menjadi tujuan tamasya ini didirikan sejak tahun 1750 M / 1171 H. Masjid ini pun sudah mengalami banyak renovasi akibat derasnya terjangan ombak karena jarak yang dekat dari bibir pantai. Selain itu, di belakang area masjid ini terdapat makam Habaib, datuk dan raja raja.

Sedangkan Syekh KH. Muhsin Affandi yang kediamannya dikunjungi, dikenal dengan Kali (Qadhi) Jampue. Beliau adalah salah seorang ulama kharismatik NU Kab. Pinrang yang dikenal pada era presiden Soeharto dan memiliki hubungan keakraban dengan Presiden Palestina Yasser Arafat. Beliau juga ipar dari Prof. KH. Ali Yafie (Ketua MUI Pusat 1990-2000). Kali Jampue adalah pendiri Ponpes Taqwa Jampue Kab. Pinrang. Keilmuan dan akhlaknya masyhur di masyarakat. (eep)

Comments
Loading...