MATAN Kedepankan Semangat Mencari Solusi Untuk Hadapi Tantangan Kebangsaan

0

Jember –  ­MATAN (Mahasiswa Ahlith Thariqah al-Mu’tabarah an-Nahdliyyah) Kabupaten Jember berkolaborasi dengan Universitas Jember mengadakan talkshow kebangasaan. Kegiatan yang diselenggarakan di aula Fakultas Hukum ini mengambil tema, “Peran Pemuda Muslim Dalam Menjaga Keutuhan NKRI.”

Berikut sambutan Ketua Matan Jember, DR. Nurul Gufron SH. MH., dalam acara Talkshow Kebangsaan.


Kehidupan ini bagai mengarungi samudra bahtera, terombang ambing dengan berbagai hantaman dan rintangan. Hanya mereka yang memiliki pegangan kuat yang akan mampu mengarunginya.

Thariqah diyakini adalah tali yang menghubungkan seseorang melalui guru-guru yang bersambung  sanad-nya ke Rasulullah hingga Allah SWT. Di kala bernegara saat ini mendapat banyak cobaan, thariqah memberikan kejelasan bahwa bernegara adalah bagian dari berkehidupan.

Ahli Thariqah memahami bahwa berbangsa adalah wadah berkumpul dan berkehidupannya manusia dalam suatu wilayah. Hidup berdampingan dengan warga lain yang majemuk dengan menjamin hak untuk hidup secara damai, terlindungi hak beribadah, hak sosial dan ekonomi serta hak politik lainnya.

Karena itu Matan memahami ber-Indonesia adalah menjalani sunnatullah berbangsa, berkumpul bersama dalam suatu wilayah dengan ummat lainnya untuk menata kehidupan secara damai dalam berbagai perbedaan.

Indonesia adalah negara yang terlahir dari perjuangan dan darah para ulama. Indonesia diperjuangkan agar setiap individu dapat menjalankan kehidupan termasuk peribadatannya yang dilindungi dan difasilitasi oleh negara.

Matan merupakan wadah para ahli thariqah untuk menyemai dan mendidik generasi muda dengan akhlak yang baik serta menguasai aspek pengetahuan dan teknologi. Semangat membangun negeri harus tertanam dalam setiap diri sebagai wujud cinta tanah air.

Matan juga memandang prilaku bernegara yang merugikan bangsa seperti korupsi, penyalahgunaan narkoba menunjukkan pemahaman berbangsa dan bernegara belum secara sempurna terinternalisasi.

Matan mengedepankan semangat ke-ihsanan untuk membangun negeri. (Hoirul Multazam)

Comments
Loading...