MATAN IAIN Cirebon Gelar Maulid: Jangan Lupakan Sejarah

CIREBON – PK MATAN IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar acara Maulid Nabi Muhammad Saw dengan tema “Aktualisasi Nilai-nilai Keteladanan Akhlak Rasulullah Saw”, pada Kamis (12/12) yang bertempat di Masjid Al-Jami’ah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Acara tersebut dihadiri oleh para kiai pengurus JATMAN Kota Cirebon, pengurus PCNU Kota Cirebon, Dosen IAIN Cirebon serta Pengurus Cabang MATA Cirebon Raya.

“Saya sangat mengapresiasi setinggi-tingginya kegiatan Maulid Nabi Muhammad Saw karena tujuan utama dari kegiatan ini tentunya untuk meneladani akhlak-akhlak dari Baginda Rasulullah Saw karena dalam diri beliau terdapat Uswatun Khasanah, serta dalam acara ini juga menjadi tempat silaturahmi antara mahasiswa dan para sesepuh tentunya antara JATMAN dan MATAN,” ucap Rais Idarah Syu’biyyah JATMAN Kota Cirebon, KH. Abdul Mujieb dalam sambutannya.

Rangkaian acara maulid terdiri dari, pembukaan, pembacaan ayat suci Al Quran, shalawat thariqiyah, menyanyikan Indonesia raya, mars MATAN dan sambutan-sambutan. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan maulid barzanji diiringi grup hadroh MATAN.

Kemudian mauidzah hasanah oleh kiai Mustofa Rasyid M.Pd dan ditutup do’a oleh Mudir Idarah Syu’biyyah JATMAN Kota Cirebon kiai Munib Khumaedi.

Kiai Mustofa Rasyid mengingatkan bahwa Maulid mengajarkan kita agar jangan melupakan sejarah.

“Jangan lupa sejarah, karena di dalam Al Quran juga terdapat sejarah, sejarah orang-orang saleh dan para nabi. Apalagi sejarah Nabi kita. Agar kita selalu ingat beliau-beliau tentunya kita harus belajar sejarah”.

Beliau juga mengutip salah satu ayat di dalam Alquran Surat Al-ahzab ayat 21. Di dalam diri Rasulullah terdapat suri tauladan yang baik dan patut ditiru oleh kita tentunya para mahasiswa.

“Jangan hanya kecerdasan logika saja yang diandalkan tetapi hati juga harus diisi agar jiwa tidak kosong, dan kegiatan ini harus terus dilaksanakan baik setiap minggu maupun acara tahunan karena dengan adanya kegiatan Maulid nabi ini kita bisa lebih mencintai Rasulullah dan menunjukan bahwa kita bahagia atas lahirnya Baginda Nabi Muhammad Saw, semoga kita semua mendapatkan syafaat dari Baginda Nabi,” tuturnya.

Penulis: Hendri Setiawan
Editor: Redaktur

Baca Lainnya
Komentar
Loading...