MATAN Cirebon Raya Gelar Suluk MATAN 1.4

CIREBON – Acara yang bertemakan “Berbakti Kepada Bangsa Melalui Jalan Para Mursyid” diadakan pada hari Sabtu-Ahad 4-5 Januari 2020. Yang bertempat di Pondok Pesantren Al-Fatih Kayuwalang Kota Cirebon.

Suluk MATAN ini diisi oleh KH. Abdul Mujieb selaku Rais Idarah Syu’biyyah JATMAN kota Cirebon, Muhammad Alwi (Dosen Universitas Swadaya Gunung Jati Kota Cirebon), KH. Yusuf (Ketua PCNU Kota Cirebon), Syukron Makmun (dari Pengurus Pusat MATAN), Polresta Cirebon, KODIM 1604 Kota Cirebon dan masyaikh lainnya.

Peserta yang berjumlah 40 lebih ini bukan hanya dari Kota Cirebon. Melainkan dari daerah-daerah lain seperti Kuningan, Majalengka, Indramayu sampai Banten dan juga dari luar provinsi seperti Brebes dan Pemalang.

“Ada 4 pilar yang tidak bisa dipisahkan yaitu, ilmu syariat, ilmu hakekat, ilmu thariqah dan ilmu makrifat ini merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan,” ujar KH. Abdul Mujieb.

Sedangkan Kiai Munib Khumaedi selaku Khodimul Majelis dan Mudir JATMAN Kota Cirebon menuturkan bahwa semakin cepat berthariqah semakin baik. “Kalau masuk thariqah itu tidak harus orang tua atau umur 40. Karena masuk thariqah itu sama dengan tobat. Tobat di umur yang lebih muda itu malah lebih baik,” ucapnya.

Penulis: Umaed
Editor: JOL

Baca Lainnya
Komentar
Loading...