Portal Berita & Informasi JATMAN

MATAN Cirebon Bakal Gelar Suluk 1 di Bendakerep

0 236

Setiap organisasi memiliki pelatihan atau pendidikan kaderisasi formal, salah satunya MATAN (Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al-mu’tabaroh an-Nahdliyah) yang merupakan organisasi sayap JATMAN yang memiliki pasar mahasiswa.

Syukron Ma’mun selaku ketua MATAN cabang Cirebon, disela agenda rutin kajian dan maulid di sekretariat (25/07) mengatakan bahwa MATAN memiliki tiga tingkat pendidikan kaderisasi formal, “Suluk 1 sebagai kelas tingkat dasar, Suluk 2 sebagai lanjutan, dan tertinggi adalah Suluk 3. Semuanya memiliki persyaratan untuk menjadi peserta, tentunya ada capaian yang meningkat.”

Agenda terdekat MATAN Cirebon, Suluk 1 akan digelar beberapa hari lagi. Ketua panitia, Hari Suwanto menjelaskan, “pendaftar sudah melebihi kuota, namun kami membatasi jumlah agar kondusif dan memang ada persyaratan yang harus ditempuh. Kemudian, kami pun memiliki kriteria kelulusan untuk para peserta, karena bisa jadi ada yang dinyatakan tidak lulus dalam menjalani Suluk 1 ini.”

“Di antara pematerinya adalah sekretaris PP Lakpesdam NU yakni Dr KH Marzuki Wahid, sekretaris PW MATAN Jawa Barat Dr Muhammad Habaib atau Kang Mumuh, mudir syu’biah JATMAN Kota Cirebon Kiai Munib Khumaidi, ketua cabang kami Ustaz Syukron Ma’mun, dan lain-lain,” lanjutnya.

Salah satu calon peserta, Habib Aziz bin Yahya menuturkan bahwa dirinya sangat menunggu agenda ini, “saya sangat mengapresiasi dan ingin menjalani prosesnya hingga tuntas.”

Suluk 1 PC MATAN yang bertemakan “Peranan Tarekat dalam Menjaga Kestabilan Intelektual” ini akan digelar di Pondok Pesantren Bendakerep, Kota Cirebon Jawa Barat pada 28-29 Juli 2018. [yazid]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.