MATAN Balam Gelar Suluk 2021

September 19, 2023
MATAN Balam Gelar Suluk 2021

Bandar Lampung, JATMAN.OR.ID: Mahasiswa Ahlith Thoriqoh al-Mu’tabarah an-Nahdliyah Kota Bandar Lampung (MATAN Balam) menggelar Acara Suluk MATAN ditahun 2021.

Bertajuk SulukMATAN2021, yang juga bertepatan di tanggal 20-21 Februari 2021, dilaksanakan di Pondok Pesantren An-Nahl Susunan Baru Kota Bandar Lampung.

Kegiatan yang di gelar dalam situasi pandemi ini tetap berjalan khusyuk dan khidmat, dihadiri peserta dari mahasiswa berbagai perguruan tinggi dan santri pondok pesantren di wilayah bandar lampung dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

MATAN Balam

Program kegiatan dimulai dari materi pengantar suluk yg di isi oleh Yusuf Ikhwan sekretaris PW Matan Lampung, selanjutnya materi Ke-MATAN-an yang meliputi Asasul khomsah disampaikan oleh Jakfar Shodik ketua PW MATAN.

Materi III tentang Ke-NU-an di isi oleh Kyai Khabibul Mutaqin sekretaris PCNU Kota Bandar Lampung. Selanjutnya Materi Ke-Thoriqoh-an di isi KH. Hafiduddin Hanief dari Idaroh syubiyah JATMAN Kota Bandar Lampung.

MATAN Balam

Menariknya dalam kegiatan ini ada materi tentang Pemuda Bersinar (Bersih Narkoba) yang disampaikan Edy Marjoni dari BNN Provinsi Lampung. Hal ini merupakan bentuk kerjasama BNN P Lampung dengan MATAN Bandar Lampung dalam program MATANapza, Masyarakat Tanpa Narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya.

Acara yg berlangsung dua hari ini di tutup baiat tabarrukan dan bai’at muqoyyad oleh KH Arifin serta Ngaji Kebangsaan dengan tema “Tasawuf mengokohkan akar kebangsaan” yang di sampaikan oleh KH. Izzuddin Abdusalam Rais Syuriyah PCNU Kota Bandar Lampung.

MATAN Balam

Hadir dalam acara penutupan yakni; KH. Badruzaman Arif Rais syubiyah JATMAN dan Ichwan Adji Wibowo Ketua PCNU kota Bandar Lampung.

Dalam sambutannya ketua PCNU mengapresiasi kegiatan Suluk MATAN ini, dan berharap dikembangkan seluas-luasnya agar Mahasiswa-Mahasiswi di berbagai perguruan tinggi di Bandar Lampung ini bergabung dengan MATAN.

MATAN Balam

Sedangkan Idaroh Syubiyah JATMAN, Abah Kyai Badruzaman mengatakan “Teruslah bergerak dan tetaplah bersemangat. Ajak pemuda, mahasiswa bergabung ke MATAN. Pemuda MATAN adalah pamuda generasi masa depan, dengan pemikiran yang cerdas, spiritual dan Nasionalisme. Bentengi NKRI,” ujarnya.

Herry Miftah.H.RA selaku Ketua PC MATAN Bandar Lampung mengatakan, “Akan membuat agenda selanjutnya seperti Taman Sufi & Suluk MATAN berikutnya, sebagai sarana kaderisasi, bismillah perbanyak kader MATAN Balam,” ujarnya penuh semangat.[Kontributor Lampung]