Mahasiswa Al Azhar Adakan Manaqib Syekh Abdul Qadir al-Jailani (qs)

KAIRO – Mahasiswa Al-Azhar asal Indonesia kemarin Kamis (30/5) menyelenggarakan Manaqib Syekh Abdul Qadir al-Jailani (qs). Kegiatan yang diinisiasi oleh Muhammad Husni, mahasiswa jurusan Syariah Islamiyah ini bertujuan untuk mendawamkan amaliyah bulanan TQN Pontren Suryalaya.

“Sebenarnya ini bukan pertama kalinya diadakan manaqib di rumah ana. namun saat ini kita ingin lebih solid secara organisasi agar lebih khidmat dalam amaliyah secara berjamaah,” ujarnya.

Manaqib yang dihelat di Izbat El Hagganah Street Al Tabah, Madinet Nasr Kairo diikuti 8 mahasiswa Al-Azhar. Amaliyah bulanan ini diawali dengan buka puasa bersama, dimulai pukul 18.00 – 20.00 waktu setempat.

Husni menambahkan tujuan diadakan manaqib selain dalam rangka khidmat kepada guru mursyid juga untuk mengorganisir ikhwan TQN Pontren Suryalaya yang ada di Mesir. “Mohon doa semoga kami bisa istiqamah mengamalkan manaqib,” sambungnya.

Ahmad Firdaus saat menyampaikan khidmat ilmiah mengulas 5 prinsip Tarekat Syekh Abdul Qadir al-jailani (qs). “Ada lima prinsip yang perlu kita amalkan. Semangat tinggi, menjaga kehormatan, khidmat, melaksanakan tekad dan mengagungkan nikmat,” terangnya.

Firdaus berharap seluruh ikhwan TQN Suryalaya bukan hanya mampu mempelajari namun juga membahasnya.

Reza Saepudin Wahid mengatakan penyelenggaran manaqib secara rutin butuh dukungan dari ikhwan-akhwat yang sedang belajar di Mesir. “Semua itu tidak akan berjalan dengan baik jika tidak ada pergerakan dari para ikhwan semua. Intinya kita sama-sama tabarrukan kepada guru mursyid,” timpalnya. (Idn)

Komentar
Loading...