Lewat Ngobrol Sufi, MATAN UNUJA Gali 2 Aspek Manfaat Thariqah

0

PROBOLINGGO – Dalam acara berkonsep Ngobrol Sufi, Gus M. Alfayyadl selaku narasumber, menyampaikan uraian seputar “Thariqah dan Kebangsaan”. “Thariqah itu memiliki 2 aspek,” ungkapnya pada Mahasiswa Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (MATAN) Universitas Nurul Jadid (Unuja), Paiton Probolinggo, Kamis (3/1).

Aspek pertama, individual. Thariqah bisa dikatakan sebagai bengkel ruhani. Seseorang ketika berthariqah, maka otomatis akan mendapatkan bimbingan-bimbingan.

Aspek kedua, sosial. Menurut Gus Fayyadl panggilan akrabnya, “Ketika pemuda sudah banyak yang berthariqah maka efeknya pertama, dapat mengubah kultur dan budaya generasi pemudanya itu sendiri,” tutur alumni program Filsafat Kontemporer dan Kritik Kebudayaan di Universit√© de Paris VIII (Vincennes-Saint-Denis), Prancis.

Lebih lanjut Gus Fayyadl menuturkan bahwa, mengubah kultur bukan dengan menggurui, namun dengan menciptakan suasana yang membuat orang itu butuh akan sentuhan qalbu. Misalnya dengan berkumpul dan berdzikir, karena hal tersebut dapat memberikan kedamaian dan kesejukan.

Sambungnya, lalu efek kedua dari thariqah secara sosial misalnya, bisa dilihat dari orang yang sudah pengalaman dalam dunia thariqah. Maka mereka yang sudah pengalaman itu bisa dipastikan memiliki jiwa kepemimpinan, itu sebabnya para sufi itu merupakan raja-raja di dunia ruhani.

Dengan demikian, jiwa kepemimpinan yang yang dihasilkan melalui thariqah akan mewarnai setiap level kepemimpinan kebangsaan, mulai dari tingkat RT sampai yang paling tinggi. Yaitu, melalui kebijakan-kebijakannya yang akan membawa rahmat. (eep)

Comments
Loading...