Kiat Meraih Rahmat dan Pertolongan Allah

0

“Allah telah mengetahui bahwa hamba-hamba-Nya ingin segera memperoleh kenyataan rahasia pertolongan Allah (sirrul ‘inayah), maka Allah berfirman: “Allah menentukan rahmat-Nya kepada siapa yang dikehendaki”, dan Allah mengetahui apabila manusia dibiarkan mengetahui rahasia-Nya, maka kemungkinan mereka meninggalkan amal usaha karena mereka berserah pada keputusan pada zaman azali, karena itu Allah berfirman: “Sesungguhnya rahmat Allah itu dekat pada orang-orang yang berbuat kebaikan.”

Maqalah di atas menjelaskan bahwa Allah sengaja menyembunyikan rahasia-rahasia pertolongan kepada hamba-Nya, sebab jika tidak disembunyikan dikhawatirkan manusia akan bersikap pasif dan pasrah dengan taqdirnya tanpa mau melakukan usaha dan ikhtiar. Sikap pasif yang demikian tidak dikehendaki oleh Allah. Karena itu, Allah sengaja menyembunyikan rahasia-rahasia dalam kehidupan supaya manusia bekerja keras untuk meraih rahmat Allah.

Ciri-ciri orang yang akan memperoleh rahmat dan pertolongan Allah yaitu orang yang aktif melakukan kebaikan. Sebaliknya, orang yang jauh dari rahmat dan pertolongan Allah yaitu orang yang menggantungkan hidupnya pada takdir zaman azali sehingga tidak mau melakukan usaha dan ikhtiar.

Semoga kita termasuk hamba yang memperoleh rahmat dan pertolongan Allah dengan aktif melakukan banyak kebaikan melalui usaha dan ikhtiar.

Oleh: KH. Ali Abdillah

Comments
Loading...