Kiai Cholil Nafis Jelaskan 3 Hikmah Penting Isra’ Mi’raj

September 28, 2023
Kiai Cholil Nafis Jelaskan 3 Hikmah Penting Isra’ Mi’raj

Cianjur, JATMAN Online – Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH M Cholil Nafis menjelaskan terdapat tiga hikmah penting terkait perjalanan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam.

Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini mengatakan bahwa hikmah terbesar dari peringatan Isra’ Mi’raj adalah dapat mengingatkan kesadaran diri bahwa Allah swt berkuasa atas segala penciptaan.

“Pertama, mengingatkan kepada diri manusia bahwa Allah subhanahu wa ta’ala berkuasa dalam menciptakan hal-hal yang luar biasa karena hanya Dialah Yang Maha Pencipta. Tidak ada yang berhak untuk disembah kecuali Allah subhanahu wa ta’ala,” katanya.

Hal tersebut disampaikan KH. Cholil Nafis pada acara Muhasabah dan Istighasah Doa Keselamatan Bangsa dalam rangka peringatan peringatan Isra Mikraj 1444 H, di Masjid Agung Cianjur, Jawa Barat, Minggu (19/02/2023).

“Kedua, setiap perjuangan haruslah menghormati para pendahulunya, bahkan melakukan napaktilas sebagai penghargaan dan penghormatan. Seperti saat Nabi shalallahu ‘alaihi wassalam diperintah turun dari Buraq untuk shalat di tempat Nabi Musa ‘alaihissalam,” ujarnya.

Hikmah ketiga, lanjutnya, adalah hidup membutuhkan kontrol diri agar tetap pada jalan yang benar. Perintah shalat menjadi fungsi kontrol umat Islam, dan jelas kedudukan shalat sebagai tiang agama. Orang yang shalatnya baik tentu ditengarahi sebagai orang baik. Begitu pula sebaliknya.

“Sulit shalatnya baik dan khusyu manakala keimanan dan pengetahuannya masih cetek, bahka tidak bisa khusyu shalatnya manakal makan barang haram,” paparnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Kepala Staf AD TNI Dudung Abdurrahman dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Habib Nabil al-Musawa, dan KH. Jujun Junaidi. Acara diikuti oleh 5000 jamaah dari MUI dan TNI AD bersama masyarakat di seluruh provinsi Indonesia secara virtual.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan yang mengangkat tema “Dzikir Doa Keselamatan Bangsa Momentum Peringatan Isra dan Miraj Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam” ini selain dihadiri Wakil Presiden Indonesia, KH Ma’ruf Amin, juga dihadiri berbagai pihak, di antaranya adalah MUI Kabupaten Cianjur, TNI AD, POLRI dan juga Forkopinda Kabupaten Cianjur.