Kiai Chalwani dan Gus Muwafiq Hadiri Haul Syaikh Subakir

0

Magelang – Rabu kemarin (19/12) warga dari berbagai daerah menghadiri Haul Syaikh Subakir ke-543. Acara yang digelar di kawasan Kompleks Gunung Tidar, Magelang ini berlangsung meriah.

“Mereka datang dari berbagai penjuru desa di Demak serta dari luar daerah, seperti Jogja, Solo, Semarang. Menurut panitia jamaah yang hadir sekitar tiga ribu orang,” ujar Anis reporter JOL yang bertugas di lokasi.

Dalam ceramahnya KH. Chalwani bercerita tentang haul dan ziyarah ulama. “Haul itu peringatan yang diadakan setahun sekali berkaitan dengan wafatnya seorang tokoh,” ujar Mursyid TQN Berjan.

Selanjutnya ia menjelaskan jika Nabi Muhammad biasa melakukan haul sahabat yang wafat dalam perang uhud. Nabi memiliki kebiasaan ziarah mengenang perang uhud. Hal ini diteruskan oleh sahabat nabi; Abu Bakar, Umar, Usman dan Ali.

Wakil Rais Syuriah PWNU Jateng ini juga membahas tentang ziyarah. Menurutnya arti ziyarah adalah mengunjungi. Tentunya saat berkunjung perlu ada etika atau adab seperti mengucapkan salam.

“Sesungguhnya saat kita mengucapkan salam, auliya Allah yang telah dimakamkan mendengar dan menjawab salam kita. Hanya saja cuma kita merasa tidak mendengar jawaban salam karena qalbu masih kotor,” terangnya.

Gus Muwafiq dari Jogjakarta juga turut menyampaikan tausiyah. Senada dengan Kiai Chalwani, ia mengajak jamaah untuk terbiasa melakukan ziyarah.

Selain Walikota dan Wakil Walikota Magelang Ir. H. Sigit Widyonidito, dan Dra. Windarti Agustina, hadir juga aparatur pemda serta TNI dan Polri. Jamaah mengikuti acara hingga selesai pada pukul 01.30. (anis/idn)

Comments
Loading...