KH Anwar Iskandar Resmi Jadi Ketua Umum MUI Baru, Ini Pesannya  

November 18, 2023 - 21:07
November 19, 2023 - 21:08
 0
KH Anwar Iskandar Resmi Jadi Ketua Umum MUI Baru, Ini Pesannya   

Jakarta, JATMAN Online – Rapat Paripurna Majelis Ulama Indonesia (MUI) resmi mengesahkan KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI hingga 2025 menggantikan KH Miftachul Akhyar di Hotel Aryaduta, Jakarta pada Jumat (17/11/2023). 

Rapat Paripurna tersebut dipimpin oleh Ketua Dewan Pertimbangan MUI KH Ma’ruf Amin. Sebelumnya, KH Anwar Iskandar yang juga Wakil Rais 'Aam PBNU ditetapkan menjadi Ketua Umum MUI di Rapat Pleno Dewan Pimpinan MUI pada 15 Agustus 2023 lalu.

KH Anwar Iskandar akan meneruskan sisa masa jabatan KH Miftachul Akhyar sampai Musyawarah Nasional (Munas) MUI pada tahun 2025 mendatang.

"Sekarang melalui penetapan sidang paripurna, KH Anwar Iskandar sah menjadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia yang baru," kata Kiai Ma'ruf.

Setelah disahkan, KH Anwar Iskandar mengajak semua komponen baik di dalam MUI maupun ormas-ormas Islam di Indonesia untuk saling menyatu dan menguatkan demi menjaga rumah besar bernama Indonesia. Di masa mendatang, akan banyak yang perlu dikerjakan MUI untuk negara, agama, dan umat. 

"Kerja sama ini amat penting agar kita bisa menjadi kekuatan, betapa pun besarnya kita dari sisi kuantitas, jika tidak bisa menguatkan dan menyatu, maka tidak akan jadi kekuatan," terang Kiai Anwar Iskandar dilansir laman MUI.

Kekuatan itu, lanjutnya, akan menjadikan MUI tempat utama untuk memikirkan dan melaksanakan tanggung jawab tersebut. Sebagai mayoritas di Indonesia, maka tugas besar akan berada di tangan umat Islam. 

"Bagaimana kondisi rumah besar Indonesia ini juga ditentukan oleh MUI maupun ormas-ormas Islam lain di Indonesia. Karena itu, persatuan ini menjadi modal utama untuk maju," jelasnya. 

Kiai Anwar menuturkan, salah satu hal yang harus menjadi perhatian adalah bagaimana memberikan pengayoman, bimbingan, dan edukasi kepada umat agar bisa lebih Sejahtera.

"Baik ilmunya, ekonominya, kesehatannya, persatuannya dan lain-lain, pasti berat menyangga agama dan negara ini, bukan sesuatu yang mudah, tapi itu harus kita ambil sebagai tanggung jawab bersama, " ungkapnya.

Sekedar informasi, sebelumnya, Kiai Miftachul Akhyar mengundurkan diri dari jabatan Ketua Umum MUI pada 9 Maret 2022. Dia beralasan ingin fokus sebagai Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).