Ketua LP Maarif Yogyakarta Akan Arahkan Pelajar Bertarekat

YOGYAKARTA – Dalam wawancara bersama Agus Suryanto, Ketua LP Maarif NU Kota Yogyakarta menuturkan bahwa setelah mengenal JATMAN dan ketarekatan ia akan mengarahkan pelajar bertarekat. Pernyataan tersebut disampaikannya saat mengikuti Pembukaan Kursus Tasawuf (KT) yang diselenggarakan JATMAN Yogyakarta di Pondok Pesantren Ulul Albab (21/2).

“Setelah mengenal JATMAN, kedepannya ialah bagaimana agar para pemuda yang masih pelajar itu bisa ikut kegiatan tarekat,” ucap Ketua LP Maarif periode 2018-2023 tersebut.

LP Maarif Yogyakarta saat ini sedang fokus untuk menguatkan karakter para pelajar, yaitu karakter islaminya terutama kejujuran dan kedisiplinan. Alasannya ia mengutip Moh. Hatta. “Kalau orang kurang cerdas bisa diperbaiki, tapi orang kurang jujur itu sulit diperbaiki,” tutur ayah dari tiga orang anak tersebut coba menirukan.

Foto: IG @agussuryanto68

Selanjutnya, ditanya tentang program, LP Maarif saat ini melihat adanya kompetisi antar lembaga untuk menjadi pilihan utama masyarakat. “Program kami ialah revitalisasi lembaga yang ada, terutama pembinaan intern untuk meningkatkan mutunya. Ketika mutunya sudah jauh lebih baik tentu masyarakat akan melirik,” terangnya.

Ia menambahkan, “Kami juga fokus untuk meningkatkan pendidikan keaswajaan lebih intensif. Utamanya melestarikan konten aswaja annahdliyah di setiap sekolah walaupun tidak berafiliasi secara langsung dengan LP Maarif.”

Ia juga mengapresiasi kegiatan yang bekerjasama dengan PP. Ulul Albab dan JATMAN Online tersebut.

“Acara ini bagus sekali untuk generasi muda yang mengikuti kegiatan thariqah ini. Kenapa? Bagaimanapun juga karakter anak yang dibentuk sejak awal ke depannya akan semakin baik,” pungkas guru yang aktif sejak 1998 mengajar di SMP Maarif Kalibawa Kulonprogo.

Ia berpendapat perlu ada renaissance kebangkitan, karena masyarakat Yogya merindukan kehidupan ala nahdliyah yang mulai terkikis oleh lingkungan.

“Kami berharap lembaga yang ada menjadi pilihan utama, itu sebabnya kami terus berbenah,” tutupnya.

Sebagai informasi, LP Maarif merupakan pelaksana kebijakan-kebijakan pendidikan Nahdlatul Ulama. Dalam perjalananya, LP Maarif secara aktif melibatkan diri dalam proses-proses pengembangan pendidikan di Indonesia. Secara institusional, LP Ma’arif NU juga mendirikan satuan-satuan pendidikan berupa sekolah dan madrasah, mulai tingkat dasar, menengah, hingga perguruan tinggi. (eep/idn)

Komentar
Loading...