Ketua JQHNU Ajak Peserta Multaqo 2024 Kembangkan Pendidikan Al-Qur'an dan BMQ

Juni 27, 2024 - 14:01
Juni 28, 2024 - 22:39
 0
Ketua JQHNU Ajak Peserta Multaqo 2024 Kembangkan Pendidikan Al-Qur'an dan BMQ

Jombang, JATMAN Online - Ketua Umum Pengurus Pusat Jam'iyyatul Qurra wal Huffazh Nahdlatul Ulama (PP JQHNU), KH Saifullah Ma'shum mengajak para peserta Multaqo Nasional Ulama Quran (MNUQ 2024) untuk mencurahkan fokus serta penuh dedikasi dalam mengikuti seluruh agenda multaqo terkait pengembangan pendidikan Al-Qur'an dan Bahtsul Masail Quraniyyah (BMQ). 

Hal tersebut ia sampaikan pada pembukaan MNUQ 2024 yang diselenggarakan oleh PP JQHNU di Pondok Pesantren Madrasatul Quran, Tebuireng, Jombang pada Rabu (26/6/2024).

"Ahli Quran itu harus benar-benar qanaah, ikhlas, dan berdedikasi. Untuk itu mari kita curahkan perhatian kita, energi kita, konsentrasi kita, untuk membahas seluruh agenda yang telah dipersiapkan panitia MNUQ 2024," ujar Kiai Saifullah.

Sebagaimana diketahui, salah satu agenda utama MNUQ 2024 adalah Bahtsul Masail Quraniyyah (BMQ) yang membahas persoalan hukum pembelajaran Al-Quran melalui media daring dan penggunaan langgam 'ajami (non-Arab) untuk tilawah.

Ia juga mengungkapkan perubahan agenda kongres menjadi multaqo tidak menggugurkan semangat para ahli Quran untuk melakukan BMQ karena hasil dari kedua masalah yang diangkat dinantikan oleh umat.

 "Karena kongresnya tidak jadi, tetap ini (BMQ) harus kita laksanakan. Yang penting ada substansi ada pembahasan yang sangat penting ditunggu oleh umat," ungkapnya. 

Ketua Panitia Pelaksana KH. Jazim Hamidi menyebutkan bahwa BMQ merupakan agenda yang baru pertama kali dilaksanakan dalam MNUQ 2024.

“Dalam sowan (kepada Gus Yahya) kami juga sudah menyampaikan hal teknis terkait waktu, tempat, dan hal baru yang akan diusung dalam MNUQ 2024 yakni BMQ,” pungkasnya. 

Pewarta : Abdul Mun'im Hasan