Ketua ICMI Ajak Umat Islam Tingkatkan Kualitas

JAKARTA – Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie Ketua ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia) mengajak muslim Indonesia untuk meningkatkan kualitas SDM-nya (Sumber Daya Manusia) pada saat memberi sambutan dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren Darul Rahman, Jagakarsa, Jakarta Selatan (23/2).

“Yang pertama, jangan tercerai berai yang kedua, tingkatkan kualitas penduduk Indonesia,” ucap Ketua Mahkamah Konstitusi RI pertama di hadapan ribuan tamu undangan dan alumni pesantren.

Prof. Jilmy membeberkan alasannya, Indonesia merupakan negeri dengan muslim terbesar di dunia dan negeri dengan penduduk no. 4 di dunia setelah Tiongkok, India dan USA.

“Indonesia juga negeri demokrasi ketiga terbesar di dunia, namun itu baru dari segi kuantitas belum dari kualitas penduduknya,” ujarnya menyayangkan.

Ia menjelaskan bahwa dari Maroko sampai Merauke merupakan negeri-negeri muslim yang kayak akan sumber daya alam, itu sebabnya selalu dijajah bangsa barat. “Kalau sumber daya manusia kita tidak berkualitas, tidak ada gunanya sumber daya alam yang kaya,” papar Guru Besar Universitas Indonesia.

Tambahnya, muslim Indonesia wajib menjaga persatuan dan meningkatkan kualitas dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Tingkatkan IMTAQ (Iman dan aqwa) dan IPTEK plus bersatu padu membangun persaingan antar peradaban,” pungkas Pakar Hukum Tata Negara tersebut.

Terakhir, Prof. Jilmy mewanti-wanti, “berhati-hatilah mengendalikan hawa nafsu di bidang kekuasaan dan pilihlah pemimpin dengan benar dan sesuai hati nurani,” tutupnya. (eep)

Komentar
Loading...