Kemenag Luncurkan Iqro’na Panduan Baca Al-Qur’an Braille untuk Penyandang Disabilitas

April 2, 2024
Kemenag Luncurkan Iqro’na Panduan Baca Al-Qur’an Braille untuk Penyandang Disabilitas

Jakarta, JATMAN Online – Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Kementerian Agama (Kemenag) meluncurkan Iqro’na, panduan praktis membaca Al-Qur’an Braille. Peluncuran tersebut pada pembukaan Ramadhan Show 2024 dengan tema Al-Qur’an for All di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jakarta, Senin (01/04/2024).

Iqro’na merupakan singkatan dari Iqro' bil-Kitabah al-Arabiyah an-Nafirah. Kata Iqro' dalam panduan ini ditulis dalam huruf Arab Braille.

Sekretaris Jenderal Kemenag Muhammad Ali Ramdhani menyebut Iqro’na sebagai solusi inklusif untuk sahabat-sahabat penyandang disabilitas.

"Sebagai sebuah model pembelajaran bagi pembelajar Al-Qur’an braille, karya inovatif dari Kementerian Agama ini, untuk menyapa seluruh bagian dari bangsa, terutama disabilitas," kata pria yang akrab disapa Kang Dhani ini.

Guru Besar UIN Bandung ini mengatakan bahwa karya tersebut dipersembahkan untuk masyarakat, khususnya komunitas Muslim. Tidak hanya komunitas Muslim di Indonesia, tetapi juga komunitas Muslim di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan bahasa isyarat dan Braille merupakan metode pembacaan yang berlaku secara internasional.

"Kemenag berkomitmen untuk selalu memberikan layanan, termasuk menanamkan nilai-nilai kesetaraan. Dalam mewujudkan hal tersebut melalui LPMQ telah memproduksi berbagai layanan disabilitas Muslim Indonesia dan mudah diakses," jelasnya.

Kepala Badan Penelitian dan Perkembangan Pendidikan dan Latihan (Balitbang) Kemenag Suyitno mengatakan pihaknya berkomitmen terus memberikan layanan tanpa diskriminasi, termasuk menjunjung tinggi nilai-nilai kesetaraan bagi seluruh umat muslim Indonesia.

"Ramadan Show digelar dengan mengusung tema Al-Qur’an for All. even ini merupakan bagian dari upaya Kemenag memperluas akses publik terhadap Al-Qur’an, termasuk sahabat disabilitas yang membutuhkan perhatian khusus," paparnya.

Selain Iqro’na, lanjutnya, Ramadan Show juga menampilkan berbagai produk literasi Al-Qur'an yang dirancang khusus untuk sahabat-sahabat penyandang disabilitas.

"Misalnya mushaf Braille Juz Amma, mushaf isyarat, mushaf pusaka, serta kajian digital dan demo membaca Al-Qur'an braille," ucapnya.

Suyitno berharap giat ini dapat memberikan kontribusi positif dalam memperluas akses semua kalangan terhadap Al-Qur'an.

"Sehingga, setiap individu dapat merasakan manfaat spiritual yang terkandung dalam kitab suci tersebut," pungkasnya.

Kehadiran Iqro’na sebagai panduan praktis membaca Al-Qur’an braille, mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk Kepala Atase Agama Kedutaan Besar Arab Saudi, Syeikh Ahmed bin Essa Al-Hazmi.