Kehidupan Makin Kompleks, Tasawuf Semakin Penting

Tasawuf sebuah disiplin ilmu tersendiri dalam khazanah keilmuan keislaman yang sangat penting karena tasawuf itu adalah sebuah ajakan sebenarnya, dorongan bagi kita umat manusia untuk bisa lebih memahami siapa diri kita dan pada akhirnya setelah kita memahami diri kita, kita memahami Siapa Tuhan kita.

Jadi menurut hemat saya, di tengah-tengah kehidupan kita yang semakin kompleks yang mengglobal ini, memahami agama dengan menggunakan rasa dan menggunakan hati itu menjadi semakin memiliki tingkat urgensi dan relevansi yang tinggi.

Karena agama tidak cukup hanya dipahami secara logika semata, tapi juga harus bagaimana kita menggunakan rasa kita dan kemudian hati kita. Dan tasawuf adalah medium yang sangat baik untuk kita mengarah kepada bentuk keberagamaan seperti itu karena dengan menggunakan rasa, menggunakan hati harapannya tentu agama betul-betul mampu kita hadirkan dalam upaya untuk kita bisa menebarkan kemaslahatan menebarkan kedamaian, kasih sayang bagi sesama kita, sehingga lalu kemudian kita bisa memanusiakan sesama kita.

H. Lukman Hakim Saifuddin
Menag RI 2014-2019

Komentar
Loading...