Kalau Kamu Sulit Ikhlas, Begini Tipsnya!

Meski tak ada yang tahu keikhlasan seseorang kecuali Allah Swt, namun kita senantiasa dituntut untuk ikhlas dalam setiap ibadah. Baik itu dalam ibadah khusus seperti ritual shalat (mahdhah), maupun ibadah secara umum seperti aktivitas sosial di tengah masyarakat (ghairu mahdhah). Namun kerap kali ditemukan kesulitan untuk mengelola qalbu untuk bisa ikhlas dalam beribadah. Baik karena godaan setan maupun hasrat hawa nafsu dalam diri.

Dalam kitab Tanbihul Ghafilin karya Imam Abu Laits Nashr bin Muhammad Al Samarqandi disebutkan, yang diriwayatkan Syaqiq bin Ibrahim As Zahid. Bahwa ada tiga hal yang membantu kamu ikhlas dalam berbuat.

Pertama, kamu mesti menyadari bahwa kamu bisa beribadah dan berbuat baik itu karena izin dari Allah Swt. Dengan begitu, perasaan bangga diri atas perbuatan (ujub) itu bisa sirna. Ketahuilah bahwa Allah lah yang memberikan hidayah dan taufik-Nya sehingga bisa berbuat aneka kebaikan. Jika seseorang menyadari bahwa Allah adalah yang menjadi sebab atas semua kebaikan yang dilakukannya itu, maka ia akan lebih sibuk bersyukur daripada berbangga diri dengan pencapaiannya.

Kedua, mulailah segala perbuatan kamu dengan bertujuan untuk memperoleh ridha-Nya Allah Swt agar hawa nafsu yang ada dalam dirimu bisa teratasi. Lihatlah apa motivasi setiap amalan yang diperbuat. Jika itu demi karena Allah dan motivasinya demi mendapatkan ridha-Nya, maka kerjakanlah. Tetapi jika motivasi dari perbuatan itu bukan karena Allah dan bukan demi ridha-Nya, maka jangan dikerjakan dengan dorongan hawa nafsu. Karena hawa nafsu bisa mendorong seseorang pada keburukan dan kejahatan sebagaimana dalam surah Yusuf ayat 53.

Ketiga, kamu juga harus menyadari bahwa buah dan ganjaran dari ibadah dan perbuatan baik itu hanyalah dari Allah Swt. Sehingga bisa hilang rasa tamak dan perasaan ingin dilihat orang (riya). Karena itu beramallah ikhlas karena Allah lah yang dituju, dan tidak usah pedulikan apa kata orang.

Ketiga hal inilah yang bisa membantu kamu menjadi ikhlas dalam berbuat.

Penulis: Saepuloh

Komentar
Loading...