Kakanwil Kemenag Sulsel: Pentingnya Milenial Berthariqah

MAKASSAR – Ketua Umum Jam’iyah Khalwatiyah Syekh Yusuf Al Makassariy, H. Anwar Abubakar menekankan pentingnya mengamalkan thariqah di era milenial saat ini. Hal itu diungkapkannya dalam acara Suluk Pengkaderan Dasar Thariqah yang diadakan sejak Senin hingga Rabu (16-18/9).

Pengamal tarekat, kata Anwar mesti istiqamah mengamalkan thariqah dalam rangka meningkatkan kualitas SDM, “Jamaah thariqah harus memperkuat amalan dalam thariqahnya sebagai wahana peningkatan kualitas diri dalam profesinya masing-masing,” ujar Kakanwil Kemenag Sulsel tersebut.

Anwar juga menyatakan bahwa jama’ah internal jam’iyah sudah seyogyanya berkualitas dari sisi SDM. Karena jama’ah thariqah mensinergikan kekuatan akal dan qalbu, mengasah kualitas dzahir dan batin.

Saat pemaparan materi Suluk, Anwar juga memberi motivasi kepada peserta suluk. “Murid sejatinya istiqamah dalam ketulusan menerima ilmu dan hikmah dari mursyid,” ucap nya kepada 190 peserta yang hadir.

Seorang murid, tambah Anwar juga mesti ikhlas berkhidmat kepada mursyid. Hal itu dilakukan sebagai simbol kecintaan (mahabbah) seorang murid kepada syaikhnya karena Allah semata.

“Istiqamah, ikhlas dan tulusnya murid berkhidmad kepada gurunya merupakan output Suluk yang dapat dijadikan amaliah sekaligus bekal dalam mengarungi kehidupan menuju hasanah fid dunya wa hasanah fil akhirah,” jelas Anwar.

Demikian ikhlasnya Mursyid, sudah sepatutnya murid pun ikhlas dan tulus menerima ilmu dan hikmah dari Mursyid untuk diamalkan demi keberkahan hidup dan meraih ridha Allah, imbuhnya.

Mursyid Khalwatiyah, Habib Abdurrohim Assegaf Puang Makka yang juga hadir menyampaikan materi urgensi thariqah turut menekankan pentingnya ketulusan dan konsistensi dalam mengamalkan thariqah.

“Satu amalan yang dilaksanakan secara istiqamah jauh lebih baik ketimbang seribu amaliah tapi tidak konsisten,” tutup Habib Abdurrahim yang akrab disapa Puang Makka.

Di akhir acara, Rais Awwal Idarah Aliyah JATMAN tersebut menutup Suluk Pengkaderan Dasar Tahriqah Angkatan V secara resmi yang dirangkai dengan pengijazahan amaliah thariqah kepada peserta. (ms/eep)

Komentar
Loading...