Kakanwil Kemenag DIY Yogyakarta Buka Kursus Tasawuf

0

YOGYAKARTA – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta (Kakanwil Kemenag DIY), Drs. H. Edhi Gunawan yang diwakili oleh Ustadz Abdul Naim, S.Ag. membuka Kursus Tasawuf yang diadakan oleh Yayasan Serba Bakti (YSB) Korwil DI Yogyakarta di Ruang Teatrikal Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga pada Sabtu (25/5).

Dalam sambutannya Kakanwil DIY Yogyakarta menyebutkan bahwa dewasa ini adanya kecenderungan keberagaman yang terkesan hanya formalitas, ibadah hanya dilihat sebagai kewajiban bukan kebutuhan. Bahkan menurutnya, ibadah yang dilakukan terasa kering dari makna substansi. “Suasana kegersangan dan keimanan inilah yang hendak dijawab kaum sufi dalam tradisi khazanah keislaman,” paparnya dalam sambutan tertulis yang dibacakan.

KH. Dimhari Noor Hasyim, Ketua Korwil YSB Pontren Suryalaya Wilayah DIY mengatakan bahwa tujuan Kursus Tasawuf ini diadakan ialah untuk membelajarkan dan mewarnai masyarakat agar mampu berpikir secara holistik serta mengamalkan agama secara utuh.

“Setiap tahunnya minimal satu kali di Bulan Ramadhan kami adakan Kursus Tasawuf (KT). Adapun hari pertama ini untuk Kursus Tasawuf Angkatan 8 dan hari kedua diperuntukkan bagi peserta Kursus Pendalaman Tasawuf (Kupat) Angkatan 4”.

Kakanwil yang dilantik pada Bulan Maret lalu oleh Menteri Agama RI juga memberikan apresiasi kepada YSB Korwil DIY.

“Kami sangat berharap semoga Yayasan Serba Bakti Korwil DIY Pontren Suryalaya melalui kursus ini bisa memberikan dampak positif dan memberikan ruang baru dalam memahami keberagamanan yang akan mewujud dalam perilaku menebar rahmah untuk sesama dan alam raya,” tutup mantan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag DIY.

Dalam acara yang bertema “Menata Qalbu Hanya Satu Yang Dituju”, hadir Wakil Talqin Abah Anom sekaligus Mudir Aam JATMAN bersama Tim Trainer seperti H. Andhika Darmawan dan H. Handri Ramadian. (eep)

Comments
Loading...