Jelang HUT TNI ke-74, Panglima TNI Ziarah Makam Pejuang Bangsa

BLITAR – Jelang HUT TNI ke-74 pada 5 Oktober, Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berziarah ke makam para pejuang dan pendiri bangsa. Rabu (18/9), Panglima TNI berziarah ke makam Bung Karno di komplek pemakaman Presiden RI pertama Ir. H. Soekarno di Blitar, Jawa Timur.

Ziarah ini sudah menjadi tradisi setiap tahun sebagai bentuk penghargaan kepada pendiri dan pejuang bangsa.

Foto: Detikcom.

“Ziarah nasional ini merupakan tradisi Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk menyambut hari ulang tahunnya ke-74 pada 5 Oktober mendatang. Jadi kami ziarah ke Makam Proklamator Ir. H. Soekarno,” kata Mantan Kepala Staf Angkatan Udara itu.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melanjutkan ziarah ke makam Presiden ke-5 KH. Abdurrahman Wahid di Jombang, Jawa Timur. Kemudian hari ini, Kamis (19/9), pucuk pimpinan TNI itu mengunjungi Astana Giri Bangun, Kecamatan Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah untuk berziarah ke makam Presiden ke-2 H. M. Soeharto.

Panglima TNI memimpin upacara penghormatan secara militer yang dirangkai dengan pengalungan bunga di atas pusara H. M. Soeharto dan istrinya Ibu Tien Soeharto. Acara dilanjutkan dengan doa dan sambutan.

Foto: Tribunnews.

Marsekal TNI Hadi didampingi Pangkostrad Letjen TNI Besar Harto Karyawan, KASAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna, KASAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, Aster KSAD Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, Pangdam IV Diponegoro Meyjen TNI Mochamad Effendi, Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel dan Bupati Karanganyar Juliyatmono. Sebelumnya Panglima TNI didampingi wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak.

“Saya berharap, dengan ziarah nasional ini, TNI dapat mengimplementasikan pesan perjuangan para pahlawan. Sekaligus melanjutkan perjuangan para pendahulu untuk mengisi pembangunan di Indonesia,” ujarnya.

Ziarah sambut HUT TNI ini akan dilanjutkan ke Yogyakarta untuk mengunjungi makam Panglima Besar Jenderal Soedirman. (eep)

Komentar
Loading...