Connect with us

Nasional

JATMAN Mendirikan Koperasi Umat Rejaning Karyo

Published

on

Photo: JATMAN

Jam’iyyah Ahlith Thariqah aI-Mu’tabarah an-Nahdliyah (JATMAN) mengadakan rapat penyuluhan dan pembentukan koperasi JATMAN di Pondok Pesantren Miftahul Huda, Kedungwuni, Kab. Pekalongan (23/09). Kegiatan ini dihadiri sekitar 50 anggota diantaranya Bupati dan dinas koperasi Kab. Pekalongan, turut hadir Wakil Rois Aam JATMAN KH Ali Mas’adi.

Menurut Wikipedia Koperasi adalah sebuah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.

Ir. H. Aman Subagio Rachman selaku Mudir Tsani JATMAN menyampaikan Koperasi ini dinamakan koperasi konsumen Umat Rejaning Karyo.

“Umat Rejaning Karyo mempunyai arti umat makmur dalam berkarya, sebuah harapan atau do’a dan semoga menjadi kenyataan” Jelasnya. Hal ini selaras dengan makna koperasi itu sendiri.

Ia juga menjelaskan koperasi ini diharapkan dapat menjadi penggerak ekonomi umat dan perkiraan dana yang terkumpul tiap bulannya sekitar 10 M perbulan.

“Koperasi akan dapat menggerakan ekonomi umat, dimana dengan iuaran wajib perbulan 10 ribu rupiah dengan anggota JATMAN yang aktif di koperasi 1 juta saja dari 40 juta, maka perbulan akan terkumpul dana sebesar 1.000.000 x 10.000 = Rp 10 M perbulannya” Ujarnya

Lebih lanjut, Kyai Aman menjelaskan koperasi konsumen ini rencana jangka pendek melengkapi baik administrasi dan prasarananya. Lalu jangka menengah melakukan kerja sama dengan distributor seperti beras, mie instan, dan kecap untuk suplai ke pesantren-pesantren. Kemudian Jangka panjang melakukan produksi kebutuhan pokok.

“saat ini dalam proses pembuatan akte pendirian koperasi serta menyusun rencana jangka pendek, menengah, dan panjang. Semoga ini semua bisa teralisasiakan dengan lancar” tegasnya.

Organisasi koperasi akan terdiri dari dewan pengawas yang diketuai oleh Rais Aam JATMAN dengan anggota antara lain Wakil Rais Aam JATMAN, sedangkan dewan pengurus akan dinahkodai oleh Bupati Pekalongan sebagai Ketua, mudir tsani sebagai Wakil Ketua dan beberapa anggota.

Berita

Kerjasama KKP, Bupati Jepara dan Koperasi Konsumen UREKA

Published

on

Koperasi Konsumen UREKA

Jepara, JATMAN.OR.ID: Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan bantuan induk lele mutiara kepada beberapa pesantren di Jepara. Bantuan ini diserahkan oleh Kepala Balai Perikanan Sukamandi Dr. Johnny Hariyadi, Sabtu, 3/4 yang lalu.

Diharapkan dengan penyerahan induk lele mutiara ini dapat menjadi cikal bakal pengembangan budi daya lele mutiara di Jepara.

Ini merupakan langkah maju setapak dimana biasanya yang diserahkan adalah bibit lele untuk dibesarkan, namun pada saat ini telah diserahkan induk lelenya agar dapat bertelur dan dikembangbiakkan.

Pada acara tersebut telah hadir Watimpres Habib Muhammad Luthfi yang diwakili oleh Sekretaris Watimpres Bapak Hasbullah Ahmad, Dirjen Budidaya Kelautan dan Perikanan (KKP), Staf Ahli Menteri Koperasi, Bupati Jepara, Ketua Koperasi Konsumen UREKA dan Kepala Balai Jepara.

Pada acara yang sama telah dilakukan panen udang Vaname dan ikan Bandeng.[]

Continue Reading

Berita

Rois ‘Am JATMAN/Anggota Wantimpres RI Menerima 2 Rektor serta Bupati & Wakil Bupati Terpilih Pemalang

Published

on

Rois 'Am

Pekalongan, JATMAN.OR.ID: Rois ‘Am Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh al-Mu’tabaroh an-Nahdliyyah (JATMAN) Maulana Dr. Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya menerima kunjungan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES) di kediaman beliau, Jumat pagi (5/2) kemarin.

Maulana yang juga menjabat sebagai Anggota Wantimpres RI menjelaskan tentang Islam rahmatan lil ‘alamin dengan analogi penyaluran tenaga listrik. “Semua warga dapat menikmati manfaat tenaga listrik untuk penerangan maupun untuk yang lain tanpa memandang suku ataupun agamanya,” terang Maulana.

“Dalam pemanfatan tenaga listrik tergatung kebutuhan masing-masing tanpa pernah mempersalahkan siapa yang menggunakan,” tambah Habib. “Misalnya listrik masuk ke gereja maka tidak (perlu) dipermasalahkan, sama halnya seperti listrik masuk ke mesjid,” lanjut beliau.

Rois 'Am

Dalam pertemuan ini dibahas rencana penyelenggaraan event besar bertaraf internasional di beberapa negara yang dilakukan secara daring. Event ini akan menampilkan wajah Indonesia yang rahmatan lil ‘alamin serta budaya Indonesia yang bernuansa reliji di samping penyelenggaraan istighotsah kubro untuk mendoakan keselamatan Bangsa dan Negara. Event ini akan digelar bersamaan dengan peringatan Dies Natalis ke-56 Universitas Negeri Semarang (UNNES) mendatang. “Insya Allah dua negara, Maroko dan Mesir sudah siap mendukung terlaksananya acara ini,” papar Sekretaris Wantimpres Hasbullah Achmad.

Dalam kesempatan yang sama, Maulana juga menerima sowan Bupati & Wakil Bupati terpilih Pemalang, Mukti Agung Wibowo dan Mansur Hidayat dalam rangka rahmah tamah terkait pengembangan pertanian di Jawa Tengah dan secara khusus di Kabupaten Pemalang.[Aman]

Continue Reading

Berita

Idaroh Aliyah Galang Bantuan untuk Korban Bencana Alam

Published

on

Galang Bantuan

Pekalongan, JATMAN.OR.ID: Idaroh Aliyah Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh al-Mu’tabaroh an-Nahdliyyah (JATMAN) menggalang bantuan untuk korban bencana alam Kalimantan Selatan. Dalam surat himbauan bertanggal 16 Januari 2021, Idaroh Aliyah menghimbau kepada pengurus tingkat Wustho, Syu’biyah dan para dermawan seluruh Indonesia untuk mengumpulkan bantuan baik berupa uang tunai, sembako, selimut dan pakaian layak pakai.

Ini adalah penggalangan bantuan tahap II setelah bantuan yang pertama dikirim 17/01 lalu. Bantuan tahap I dikirim sebanyak 4 ton beras.

Bantuan dalam bentuk uang tunai dapat ditransfer ke rekening JATMAN, BANK BPD JAWA TENGAH CABANG SYARIAH PEKALONGAN, dengan Nomor Rekening: 5053017615.

Galang Bantuan

Adapun bantuan dalam bentuk barang dapat dikumpulkan di masing-masing Idaroh Wustho, selanjutnya teknis pengirimannya akan dikoordinir oleh Idaroh Aliyyah sesuai skema pengaturan yang ada.

  • 16-21 Januari 2021: Distribusi surat permohonan dari Idaroh Aliyyah.
  • 21-23 Januari 2021: Koordinasi Idaroh Wustho dan Syubiyah.
  • 16-29 Januari 2021: Masa penggalian, penggalangan dana, dan penerimaan bantuan Wustho dan Syubiyah.
  • 25-31 Januari 2021: Koordinasi teknis pengiriman oleh Idaroh Syubiyah dan Wustho ke Idaroh Aliyyah.
  • 1-7 Pebruari 2021: Koordinasi teknis pengiriman, penerimaan dan pendistribusian oleh Jatman di daerah yang terkena bencana.
  • 5-9 Pebruari 2021: Laporan dari Idaroh yang menjadi sasaran bantuan.
  • 10-15 Pebruari 2021: Laporan Pertanggungjawaban Akhir Bantuan bencana tahun 2021 oleh Idaroh Aliyyah

Partisipasi segenap Idaroh Syu’biyah, Idaroh Wustho dan para Dermawan sangat dinanti oleh saudara-saudara kita di daerah yang terkena bencana.[Af]

Continue Reading

Facebook

Arsip

Trending