JATMAN Kutim Gelar Haul Perdana “Luar Batang” nya Kaltim

KUTAI TIMUR – Idarah Wustha Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (JATMAN) Kaltim bersama pemerintah Kabupaten Kutai Timur berinisiatif menggelar haul perdana tokoh ulama yang makamnya baru saja ditemukan, ialah Al Habib Husein bin Hasyim bin Hasan bin Thoha bin Yahya.

“Saya mendengar langsung dari Maulana Habib Luthfi bahwa Makam Habib Husen bin Hasyim bin Hasan bin Thoha ini adalah Luar Batang-nya Tanah Kalimantan,” cerita KH Luthfi dari Karangasem Langitan pada saat memberikan mauidzah Hasanah dalam peresmian dan haul di Desa Maloy Pulau Senumpak, Sangkulirang, Kutai Timur, Kalimantan Timur pada Selasa (27/8).

Makam yang ditemukan oleh utusan Habib Luthfi tersebut dipugar kembali oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Timur yang bermitra dengan perusahaan.

“Yah tentunya keberadaan makam ini sebagai tonggak sejarah syi’ar Islam di Kutim, serta situs sejarah Islam, sehingga siapa saja bisa haul ke makam ini. Lokasi makam yang sudah dipugar sangat minimalis dan memiliki pendopo di atas lahan yang terbilang luas,” ucap Bupati Kutai Timur, Ir. H. Ismunandar, M.T. pada saat meresmikan makam tersebut.

Bupati Kutai Timur, Ir. H. Ismunandar, M.T. memaparkan, bahwa beliau beserta beberapa tokoh dari JATMAN Kaltim sowan ke rumah Maulana Habib Luthfi bin Yahya di Pekalongan. Bupati tersebut mengaku mendapatkan instruksi dari Rais Aam JATMAN tersebut untuk melakukan perawatan pada Makam Al Habib Husein bin Hasyim bin Hasan bin Thoha bin Yahya.

Sekretaris Jenderal PP MATAN Abdur Rosyid S.Pd,MTesol yang lebih dikenal dengan Gus Iid juga turut menghadiri Haul Perdana Habib Husein bin Hasyim bin Yahya. Gus Iid berharap dengan diresmikannya Makam Waliyullah Al Habib Husein bin Hasyim bin Hasan bin Thoha bin Yahya dapat memberikan motivasi khususnya bagi kaum muda untuk senantiasa menuntut ilmu dan menyebarkannya walaupun dengan berbagai rintangan yang ada.

“Dedikasi Habib Husein bin Hasyim dalam menyampaikan amanah keilmuwan harus kita tiru. Bagaimana beliau melakukan perjalanan dari Hadramaut ke Kalimantan Timur untuk menyampaikan amanah menghabiskan waktu dan energi yang tidak sedikit,” terang Gus Iid.

Gus Iid juga menambahkan semoga MATAN bisa mengadakan Suluk MATAN di Pulau Senumpak.

Acara haul perdana ini dihadiri sekitar 500 orang yang berasal dari berbagai daerah. Mulai dari pejabat pemerintah, tokoh masyarakat, ulama dan habaib. Hadir pula Anggota DPRD Kutim Encek UR Firgasih, SH, MAP, Gus Fahmi tokoh asal Lamongan, Kapolres Kutai Timur AKBP Teddy Ristiawan, serta perwakilan SKPD, serta GP. Ansor dan Banser. (eep)

Komentar
Loading...