JATMAN Kab. Purwakarta Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW

PURWAKARTA – Idarah Syu’biyyah JATMAN Kab. Purwakarta menggelar acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada Kamis (14/11) malam di Ponpes Al Muhajirin 3 Citapen, Purwakarta.

Peringatan Maulid Nabi ini bertemakan “Bersatu dalam Aqidah, Berjamaah dalam Ibadah, Toleransi dalam Khilafiyah, Bekerjasama dalam Dakwah, Menuju Ma’rifat Billah”

Ketua MUI Kab. Purwakarta Drs. KH. Jhon Dien TH, SH., M.Pd menyambut baik terselenggaranya acara Maulid Nabi ini.

“Saya sangat berbahagia dengan adanya pengajian rutinan bulanan dan berbagai kajian tasawuf yang diadakan JATMAN Purwakarta. Semoga semakin aktif dan berkembang, sehingga thariqah di Purwakarta akan menambah kesegaran dan kesejukan batiniah bagi setiap warga Purwakarta,” ungkap Kiai Jhon Dien.

Pimpinan Ponpes Al Muhajirin Purwakarta Dr. KH. Abun Bunyamin, MA menekankan pentingnya berthariqah untuk penguatan spiritual terutama bagi generasi muda.

“Dalam perjalanan spiritualitas, senantiasa kita harus belajar muqarrabah (mendekatkan diri kepada Allah-red). Setelah kontinu kita akan beranjak ke muraqabah (selalu merasa diawasi Allah-red). Sehingga pada akhirnya musyahadah (mampu menyaksikan Allah dengan batin-red) dalam setiap aktifitas dan kejadian,” papar anggota Lajnah Tashih Kutub Thariqiyah Idarah Aliyah JATMAN tersebut.

Wakil Rais PWNU Jawa Barat itu juga secara khusus berpesan kepada para santri untuk senantiasa bersungguh-sungguh baik dalam belajar dan mengaji serta melazimkan zikir. Menurutnya, kecerdasan seorang santri, pelajar maupun mahasiswa harus dibarengi dengan kecerdasan spiritual.

Dalam tausiyah pertama, Dr. KH. Eep Nuruddin M.Pd Mudir Idarah Wustha JATMAN Jawa Barat menyampaikan kepada jamaah bagaimana cara menyempurnakan wudhu mulai dari awal seseorang berwudhu sampai saat berdoa setelah berwudhu. Yang diantara faidahnya ialah bisa bermimpi dan berjumpa dengan Baginda Nabi Muhammad SAW.

Sedangkan Ust. Ayi Mufti Ridwan sebagai pemberi tausiyah kedua mengingatkan pentingnya meneladani akhlak Rasulullah saw dalam kehidupan serta istiqamah dalam berdzikir.

“Walau masih ada lalai dalam diri kita teruslah berdzikir, jangan pernah berhenti berdzikir,” ujarnya.

KH. Anang Nasihin, MA selaku pimpinan Ponpes Al Muhajirin 3 mengatakan bahwa acara ini diinisiasi oleh JATMAN Purwakarta bersama Ponpes Al Muhajirin 3.

“Ponpes Al Muhajirin tak akan lepas dari ketasawufan. Karena alhamdulillah para santri, para guru, dan pengurus JATMAN Purwakarta serta PC MATAN bersama masyarakat sekitar pesantren senantiasa menghadiri pengajian rutin bulanan JATMAN setiap malam Jum’at pertama awal bulan,” ungkapnya.

Acara yang juga dihadiri oleh Mudir dan Rais Idarah Syu’biyyah JATMAN Kab. Purwakarta yakni Ust. Rafli dan KH. Anhar Haryadi diawali dengan Tawassul dan pembacaan Shalawat Thariqiyah. Dilanjutkan dengan pembacaan shalawat dan mahallul qiyam oleh PC MATAN bersama jamaah yang hadir. Acara berlangsung mulai pukul 20.00 WIB hingga pukul 01.00 WIB. (rfl/eep)

Komentar
Loading...