JATMAN Jambi Perkuat Thariqah Melalui Pelantikan Enam Pengurus Ghusniyah

September 20, 2023
JATMAN Jambi Perkuat Thariqah Melalui Pelantikan Enam Pengurus Ghusniyah

Jambi, JATMAN Online – Masih dalam rangka Hari Raya Idul Fitri, pengurus Idaroh Wustho Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah (JATMAN) Provinsi Jambi melakukan daurah halal bilahal ke seluruh Idaroh Syu’biyah se- Provinsi Jambi sepanjang tanggal 15 Mei – 21 Mei 2023 M atau 24 Syawal – 1 Dzulqadah 1444 H.

Melalui kegiatan ini, diharapkan setiap pengurus JATMAN Jambi mulai dari Idaroh Syu’biyah (kota/kabupaten), Ghusniyah (kecamatan) hingga Syafi’iyah (kelurahan/desa) dapat membangun komunikasi yang baik. Sehingga forum ini sekaligus sebagai wadah silaturrahmi antar pengurus, warga nahdliyyin dan umumnya seluruh masyarakat Indonesia.

KH. Mukhtar Jauhari selaku Mudir Idaroh Wustho JATMAN Jambi dalam kesempatan tersebut juga mengupayakan Penguatan Ghusniyah yang berada di bawah kepengurusan Syu’biyah dengan melantik enam Idaroh Ghusniyah di Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang terdiri dari Ghusniyah Kecamatan Batang Asam, Ghusniyah Kecamatan Tebing Tinggi, Ghusniyah Kecamatan Tungkal Ullu, Ghusniyah Kecamatan Merlung, Ghusniyah Kecamatan Muara Papalik, Ghusniyah Kecamatan Renah Mendalo.

“Semoga Ghusniyyah yang telah dilantik dapat merangkul semua thariqah yang berada di daerahnya masing-masing dengan tujuan membumikan nilai-nilai luhur thariqah untuk memperkokoh NKRI,” kata Kiai Mukhtar pada salah satu sesi pelantikan Ghusniyah.

“Implementasi dari pada ajaran dan pengamalan thariqah adalah mampu menghembuskan angin perdamaian dan meredam setiap konflik yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari melalui silaturahim,” lanjutnya.

Sementara itu, pada pertemuan tersebut Rais Idarah JATMAN Jambi KH. Ahmad Dahlan Syam mengungkapkan bahwa JATMAN Jambi siap mensukseskan Multaqo Sufi Dunia yang akan diselenggarakan pada Juni mendatang.

“JATMAN Provinsi Jambi sudah menyiapkan armada untuk menghadiri Multaqo Sufi Dunia yang kedua di Pekalongan dan siap menjalankan dawuh Maulana Habib Luthfi bin Hasyim bin Yahya,” ungkapnya.