JATMAN Gelar Konferensi Internasional Bela Negara

0

Jakarta – Jam’iyyah Ahlit Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (JATMAN) kembali menyelenggarakan Konferensi Internasional Bela Negara selama dua hari (27-28/07). Kegiatan yang dihelat di Pekalongan ini diikuti oleh delegasi ulama Internasional dari 46 negara.

Sebelum konferensi ada beberapa kegiatan yang telah berjalan. Panitia kegiatan, KH Mirza Hasbullah menyampaikan, pada hari senin (25/7) diadakan pawai bela negara dan kirab merah putih dengan titik keberangkatan dari Stadion Hoegeng dan berakhir di depan Gedung Kanzus Shalawat Jalan Dr Wahidin, Kota Pekalongan. Sementara pada hari selasa (26/7) para ulama dari luar daerah dan luar negeri mulai berdatangan dan malam harinya diselenggarakan istighatsah dan perkenalan masing-masing delegasi.

Sejumlah pembicara dalam Konferensi Bela Negara antara lain, Habib Muhammad Luthfi bin Yahya (Rais Aam JATMAN), Menteri Pertahanan RI Jendral Purn Ryamizard Ryacudu, Syaikh Ahmad Al-Dabbagh (Direktur Pusat Akademi dan Studi Islam United Kingdom), Syaikh DR. Muhammad Abdul Hakim Al-Azhari (Rektor Universitas Islam alMarkaz Kerala India), Syaikh DR. Aziz Abidin (California, AS), Syaikh DR. Muhammad Abdul Qadir Alaydrus (YAMAN), Syaikh DR. Muhammad Sulaiman (Sudan), Dr. KH. Hasyim Muzadi, Dr. KH. As’ad Said Ali, Dr. H. Helmy Faishal Zaini, KH. Maemun Zubair serta KH. Wahfiudin Sakam, MBA.

Menurut Mirza, konferensi ini digelar untuk menegaskan bahwa Islam merupakan agama rahmatan lil ‘alamin. Konsep perlunya setiap anak bangsa mencintai tanah air seutuhnya lahir dari implementasi pengamalan tarekat terhadap bela negara.

“Ini rangkaian kelanjutan dari Konferensi Ulama Internasional yang digelar pada bulan Januari lalu. Kemenhan memberikan respon bagus terhadap kegiatan tersebut sehingga ingin agar konferensi ulama bertemakan bela negara kembali digelar,” tuturnya. (Idn)

Comments
Loading...