Jangan Minder, Jadi Perempuan Itu Sangat Terhormat Loh

Perempuan dalam Islam sangatlah terhormat. Hal-hal yang bisa merusak nama baik dan martabat, harga diri serta keselamatan perempuan pasti dilarang dalam Islam. Rasulullah adalah sosok yang sangat menyayangi kaum perempuan.

Bahkan Nabi Saw bersabda, “Kaum mukmin yang imannya paling sempurna ialah yang paling baik akhlaknya. Dan sebaik-baik kamu ialah yang paling baik akhlaknya kepada kaum perempuannya.” (HR. Tirmidzi).

Demikian Nabi sangat menghormati kaum perempuan. Mengaitkan kesempurnaan iman dengan perilaku penuh hormat dan kasih sayang pada manusia terutama kaum perempuan.

Dalam kitab Tuhfatul Ahwadzi, disebutkan bahwa kesempurnaan iman itu akan menghadirkan akhlak yang baik dan berbuat ihsan kepada seluruh manusia. Dan kamu yang paling baik ialah yang paling baik kepada perempuan. Perempuan tempatnya kasih sayang karena kelemahlembutan dan kelemahannya.

Prof. Dr. H. M. Quraish Shihab penulis Tafsir Al Misbah mengutip sebuah hadis yang mengatakan bahwa “Tidak ada yang menghormati perempuan, kecuali seorang terhormat dan tidak ada yang menghinanya, kecuali yang bejat.”

Dengan begitu setiap perempuan perlu menyadari betapa dirinya sangat terhormat dan mulia. Jangan bersikap yang bisa mengurangi kehormatan diri ataupun tidak percaya diri dengan anugerah Allah yang dititipkan padanya.

Setiap perempuan juga memiliki potensi yang berbeda satu sama lain. Potensi itu bisa difungsikan dan dikembangkan sesuai dengan tujuan penciptaannya yang mulia.

Fokus pada apa yang bisa dilakukan, jangan membandingkan kekurangan diri dengan kelebihan orang lain. Sebab apa yang kita fokuskan akan tumbuh.

Ingatlah juga bahwa kebahagiaan itu ada saat kita mensyukuri aneka anugerah dan nikmat Allah yang kadang lalai untuk disyukuri. Justru ketika kita sibuk dengan melihat kenikmatan orang lain, kita seakan menutupi (kufur) atas anugerah Allah pada kita.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...