Jangan Lupa Bersihkan Perangkat Kerja Saat WFH

Hal kecil yang mungkin saja terlupakan, tapi bisa berakibat fatal di musim wabah virus Corona seperti sekarang ini. Yaitu kebiasaan tidak membersihkan peralatan kerja.

Pada saat anjuran untuk bekerja di rumah atau populer dengan istilah Work from Home (WFH) guna mencegah penyebaran virus lebih massif, peralatan pribadi seperti smartphone, tablet, laptop, mouse, headset dan perangkat elektronik lain kini menjadi andalan untuk bekerja.

Oleh karena itu, selain rajin mencuci tangan, memakai masker kalau keluar rumah dan menjaga kebersihan lingkungan, membersihkan alat-alat kerja juga jangan dilupakan karena perangkat yang melekat pada diri kita sehari-hari itu bisa menjadi penyebab penularan virus.

Bagaimana cara membersihkannya? Berikut ini sejumlah tips sederhana yang bisa Anda lakukan:

Siapkan kain lembab dan kain kering. Kain lembab untuk mengelap perangkat elektronik Anda secara hati-hati, lalu keringkan dengan kain kering yang sudah disiapkan. Saat membersihkan perangkat-perangkat elektronik seperti smartphone dan laptop, pastikan untuk mengelap seluruh bagian permukaan perangkat, bukan hanya bagian layarnya saja.

Lepas pelindung luar atau protector dari smartphone agar Anda bisa membersihkannya secara saksama. Bersihkan mulai dari bagian depan, belakang dan tepi telepon.

Siapkan sedikit sabun atau larutan yang mengandung alkohol (tapi kurang dari 70%) atau tisu basah yang mengandung alkohol juga dapat digunakan. Hindari menggunakan produk pembersih rumah tangga.

Dalam mengelap perangkat, hendaknya berhati-hati agar tidak ada cairan masuk ke lubang-lubang perangkat elektronik Anda seperti output audio, konektor pengisian daya atau di sekitar tombol.

Jangan lupa, matikan terlebih dahulu perangkat elektronik sebelum Anda dibersihkan. Khusus laptop, jangan lupa untuk membersihkan layar dan juga keyboardnya.

Nah, setelah bersih dan kering hidupkan perangkat, lalu gunakan. Ingat, kendatipun perangkat elektronik tersebut merupakan barang-barang pribadi namun tidak jarang orang lain meminjam atau menggunakannya. Sebaiknya, bersihkan kembali secara berkala, terutama setelah perangkat tersebut dipinjam atau digunakan oleh orang lain.

Bekerja dari rumah (WFH) bukan berarti bermalas-malasan, apalagi malas menjaga kebersihan. Bukankah tujuan utama WFH adalah menghindarkan kita dari tertular virus Corona yang kian hari penyebarannya semakin mengkhawatirkan? Menjaga kebersihan perangkat kerja kita adalah bagian dari itu semua.

Selain untuk menjaga kebersihan fisik, tubuh, tangan, pakaian, lingkungan, dan perangkat kerja. Bekerja dari rumah juga seharusnya dioptimalkan untuk melakukan pembersihan hati.

Ya, kita punya lebih banyak waktu di rumah. Gunakan untuk lebih banyak mengingat Allah dengan berzikir, bermunajat kepada-Nya, bermuhasabah serta memperbanyak beristighfar. Memohon ampun kepadanya.

Semoga momentum wabah virus Corona yang membuat sebagian kita harus bekerja dari rumah, selain mengajarkan kita bersih-bersih diri secara fisik, juga mengingatkan kita untuk lebih giat lagi membersihkan hati.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...