Jam’iyah Khalwatiyah Adakan Suluk Pengkaderan Dasar Thariqah Angkatan V

MAKASSAR – Jam’iyyah Khalwatiyah Syekh Yusuf Al Makassariy mengadakan Suluk selama tiga hari di Makassar. Suluk atau Pengkaderan Dasar Thariqah tersebut dimulai sejak Senin, 16 September 2019 dan berakhir pada Rabu (18/9) siang.

“Kegiatan suluk ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap periode kepengurusan jam’iyah,” ujar Dr. Mahmud Suyuti Katib ‘Aam Jam’iyyah Khalwatiyah Syekh Yusuf Al Makassariy kepada JATMAN Online.

Suluk Angkatan V tahun 2019 ini dibuka secara resmi oleh Mudir Idarah Wustha JATMAN Sulawesi Selatan, Prof. Dr. H. Abd. Kadir Ahmad, M.S APU. Dalam sambutannya, peneliti utama di Balai Litbang Kemenag Makassar itu mengurai sejarah berkembangnya Islam di Nusantara.

“Islam masuk dan berkembang di berbagai wilayah Nusantara diperankan oleh ulama thariqah,” ucap Profesor Riset bidang agama dan masyarakat tersebut.

Syekh Yusuf Rahimahumullah sebagai mursyid Khalwatiyah misalnya, mengembangkan Islam di Sulawesi sampai ke Banten bahkan sampai daratan Afrika Selatan dan jazirah Arab lainnya dengan metode tasawuf dan menggunakan manhaj thariqah.

“Era sekarang berthariqah itu keren, orang yang berthariqah itu keren,” pungkas Kadir Ahmad di akhir sambutannya.

Suluk Pengkaderan Dasar Thariqah diikuti oleh jama’ah internal Khalwatiyah. Para peserta diantaranya mendapatkan materi Suluk oleh H. Anwar Abubakar, Adabus Suluk oleh Syekh Imron Abdillah, Amaliah Thariqiyah oleh Dr. Mahmud Suyuti, Dinamika Kelompok oleh H. Asep Saifullah dan Dr. Maulana, M.Pd, dan di akhir acara, 190 peserta tersebut mendapatkan Ijazah Amaliyah Thariqah dari Habib Abdurrahim Assegaf Puang Makka. (ms/eep)

Komentar
Loading...