Portal Berita & Informasi JATMAN

Isra’ Mi’raj Itu Realita Bukan Fiksi

1 712

Memperingati peristiwa Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW, Ketua Yayasan Ma’arif Rabbani, Dr. KH. Ali M. Abdillah yang juga mengemban amanat sebagai Sekretaris Awwal Jam’iyyah Ahlith Thariqah al-Mu’tabaran an-Nahdliyyah (JATMAN), memaparkan beberapa butir penting tentang realitas Isra’ dan Mi’raj.

Di Pondok Pesantren al-Rabbani, Cikeas, Gunung Putri, Bogor, Kyai Ali (biasa disapa demikian) mengatakan bahwa peristiwa Isra’ dan Mi’raj yg didokumentasikan dalam al-Qur’an merupakan peristiwa realita bukan fiksi. Ada beberapa catatan penting terkait peristiwa Isra dan Mi’raj:

  1. Bukti ortodoksi terkait peristiwa Isra’ dan Mi’raj sangat kuat menggunakan nash sharih dalam al-Qur’an dan Hadits.
  2. Isra’ dan Mi’raj merupakan hadiah terindah dari Allah kpd Nabi Muhammad SAW setelah bersabar menghadapi ujian dan cobaan yang sangat berat di tahun duka (‘am al-khuzni) yaitu ditinggal wafat oleh istri tercinta Sayyidah Khadijah dan paman yg melindunginya yaitu Abu Thalib bin Abdul Muthalib.
  3. Isra’ Mi’raj merupakan perisitiwa ruhani Akbar yg dialami oleh Nabi Muhammad SAW. yg memiliki efek di bumi yaitu turunnya syariat shalat lima waktu. Dan syariat shalat lima waktu akan menjadi kewajiban bagi unat Islam hingga hari qiyamat.
  4. Peristiwa ruhani/spiritual pasca Isra’ mi’raj juga dialami para pewaris Nabi yaitu para ulama, para mursyid, ahli thoriqin dan salikin dlm bentuk pengalaman nyata yaitu merasakan perjalanan ruhani menaiki tangga-tangga spiritualitas hingga wushul kpd Allah. Mereka sesungguhnya sebagai penerus estafet ruhani dari zaman ke zaman.
  5. Praktek perjalanan ruhani yang paling ideal yaitu mengikuti teladan Nabi Muhammad SAW dalam praktek Islam yang kaffah yaitu meliputi syariah, hakikat, tarekat dan marifah.
  6. Para pejalan ruhani yang istiqamah dalam berjuang di jalan Allah yaitu melawan hawa nafsu akan diberikan keberkahan hidup baik lahir maupun batin.
1 Komen
  1. Irwan berkata

    Assalamu’alaikum
    Ada tidak ya group WA Jatman untuk seluruh Wustho
    Irwan Wustho Jambi
    085378928884

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.