Ini Wirid Sebelum Minum Kopi

LASEM – Di dalam Al Quran Al Karim terdapat ayat bertema makan dan minum, diantara redaksinya ialah كلوا dan واشربوا.

Kulu artinya makanlah kalian, terdapat dalam Al Quran dan diulang sebanyak 28 kali, sedangkan ‘wasyrabu ‘minumlah kalian’ disebutkan dalam al-Quran sebanyak 6 kali.

Di antaranya ialah dalam Al Quran QS. Al-Baqarah : 60),

كُلُوا۟ وَٱشۡرَبُوا۟ مِن رِّزۡقِ ٱللَّهِ وَلَا تَعۡثَوۡا۟ فِی ٱلۡأَرۡضِ مُفۡسِدِینَ

Makanlah kalian dan minumlah kalian dari rezekinya Allah, dan janganlah kalian di muka bumi sebagai perusak.

Yang kedua dalam Al Quran juga ada ayat (QS. Al-A’raf : 31),

وَكُلُوا۟ وَٱشۡرَبُوا۟ وَلَا تُسۡرِفُوۤا۟ۚ إِنَّهُۥ لَا یُحِبُّ ٱلۡمُسۡرِفِینَ

Makanlah kalian dan minumlah kalian, dan janganlah kalian berbuat israf (berlebihan/ melampaui batas) dalam makan dan minum. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang israf, orang-orang yang berlebihan.

Tentunya dalam dua ayat ini. Yang satu ayat makan dan minum, dan jangan melakukan kejahatan dan jangan melakukan pengrusakan, artinya mencari rezeki untuk makan dan minum jangan dengan jalan kejahatan, dan dengan jalan kerusakan. Yang kedua setelah rezeki itu diperoleh meskipun halal, tapi janganlah kita itu makan dan minum yang melampaui batas, itu jangan dilakukan.

Kopi termasuk favorit dalam aneka minuman. Ada satu kitab berjudul “Tatsbitul Fuad” kitab ini karya Syaikh Abdullah bin Alawi bin Muhammad Al Haddad, lebih di kenal dengan Syaikh Abdullah Al-Haddad. Ada satu halaman, yakni di halaman 13 jilid 2. Ada satu bab ‘Ma Yuqalu ‘Inda Syurbil Qahwah’, doa atau wiridan yang diucapkan ketika minum kopi, menjelang minum kopi.

أنه يرتب قراءة الفاتحة وآية الكرسي مع شرب قهوة الصبح،
والفاتحة ولإيلاف قريش وإما أعطيناك الكوثر وقل هو الله أحد مع شرب قهوة الظهر، ومع شرب قهوة السحر خاصة يا قوي ١١٦ مرة كما هو مأثور، وفى غير ذلك الفاتحة فقط، ومع آية الكرسي فى الغالب

Di situ dijelaskan ‘annahu yurattibu atau yurattabu, kalau dibaca yurattibu qira’atal fatihah, kalau dibaca yurattabu qiara’atul fatihati wa ayatul kursiyyi ma’a syurbi qahwatis subhi.’

Apabila sedang minum kopi pada waktu subuh yakni, Abdullah al-Haddad menjelaskan, salah satu doa atau wiridan yaitu, membaca surah Al fatihah dan ayat kursi sebelum minum kopi di waktu subuh.

Yang kedua, membaca surat al-Fatihah, surat Quraish (liilafi quraisy), membaca surat al Kautsar, dan membaca surat al-Ikhlas (qul huwallahu Ahad) menjelang minum kopi pada waktu Dzuhur.

Yang ketiga, minum kopi pada waktu sahur secara khusus (khassah), membaca Ya Qawiyyu 116 kali, yang dibaca Ya Qawiyyu, Ya Qawiyyu, Yaa Qawiyyu artinya, ya Allah yang Maha Kuat, dibaca 116 kali itu pada waktu menjelang minum kopi sebelum sahur.

Dan diwaktu yang lain, selain waktu yang dijelaskan tadi itu sebelum minum kopi membaca surat al Fatihah dan lebih sempurnanya dengan Ayat Kursi.

KH. Abdul Qoyyum Manshur
(Pengasuh Ponpes An Nur Lasem)

Komentar
Loading...