Ini Lima Alasan Kenapa Anak Muda Perlu Gabung ke MATAN?

Sebelum mengetahui alasan kenapa harus ikut organisasi Mahasiswa Ahlith Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyyah atau biasa disingkat MATAN. Perlu diketahui terlebih dahulu sejarahnya.

MATAN sendiri merupakan organisasi kepemudaan di bawah JATMAN sebagai Badan Lajnah Mustaqilah. MATAN diresmikan saat Muktamar XI JATMAN di Malang pada 14 Januari 2012 M / 20 Shafar 1433 H yang dideklarasikan langsung oleh Maulana Habib Luthfi bin Ali bin Yahya (Rais ‘Aam JATMAN).

Habib Luthfi menaruh harapan besar kepada MATAN, hingga beliau mengucapkan, “Saya ingin lahir mursyid-mursyid dari MATAN.”

Ada beberapa alasan kenapa pemuda, utamanya mahasiswa harus ikut MATAN?

Pertama, berkumpul dengan orang-orang shaleh

Kita tahu bahwa MATAN didirikan sebagai wadah untuk anak-anak muda, khususnya para mahasiswa yang tengah menjalani laku spiritual dengan mengikuti thariqah maupun yang sedang tertarik dengan thariqah.

Orang yang punya spirit untuk mendalami dunia tasawuf atau thariqah bisa dikategorikan termasuk orang pilihan. Yang jelas kader MATAN bisa dikatakan bagian dari orang-orang shaleh, yang cinta kepada sang Khaliq. Berkumpul dengan orang-orang shaleh bisa kecipratan berkah dan manfaatnya.

Kedua, mendapatkan transfer do’a dari para mursyid dan masyayikh

Di bawah naungan JATMAN, yang di dalamnya ada para mursyid, masyayikh dan penganut thariqah. Sudah pasti kader MATAN akan selalu mendapatkan kucuran dan transfer do’a serta keberkahan dari para mursyid dan masyayikh.

Do’a inilah yang kemudian menemani setiap perjalanan kehidupan para kader MATAN di dunia maupun akhirat. Dengan berkah do’a dari beliau-beliau lah insyaallah kader MATAN akan mendapatkan ketenangan dan kesuksesan kehidupan.

Ketiga, menyelamatkan diri dari ajaran sesat, radikalisme dan terorisme

Saat ini, ajaran yang mengarah pada radikalisme dan terorisme sedang marak mengancam generasi muda termasuk para mahasiswa, terlebih di dunia kampus yang notabenenya kampus umum.

Tentu hal ini sangat membahayakan generasi muda dan keselamatan NKRI. Oleh karena itu, MATAN hadir untuk turut serta dalam menyelamatkan generasi muda, utamanya para mahasiswa agar tidak menyimpang dari jalan yang benar. Di MATAN anak muda akan mendapatkan sentuhan-sentuhan keilmuan yang bernuansa Islam damai, ramah, toleran, lembut, yang hal itu tidak lain adalah wajah Islam sesungguhnya.

Keempat, mengisi kokosongan hati dari spiritualisme

Di MATAN anak muda akan diberikan asupan-asupan kerohanian. Dari ilmu tasawuf, sufisme maupun thariqah untuk meningkatkan kualitas spiritual. Menjadikan hati terasa nyaman, senang, tenang dan bahagia karena lazim berdzikir.

Kelima, berjalan mencari cinta sejati

Cinta sejati adalah cinta kepada sang pemilik semesta alam, yaitu Allah. Bergabung ke MATAN tidak lain tujuannya ialah mencari cinta sejati. Cinta yang tanpa bulu, cinta yang membuat ketenangan dan kebahagiaan di dunia maupun di akhirat.

Dengan semangat mempelajari tasawuf dan mengamalkan thariqah di MATAN di bawah bimbingan guru Mursyid. Maka akan menghantarkan kita menggapai cinta sejati tersebut. Di MATAN lah kita akan dituntun dalam setiap perjalananpenuh kesenangan dan kebahagiaan.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...