Ini Hikmah Sakit yang Jarang Kamu Sadari

Ketika dilanda sakit seseorang tak jarang mengeluh dan merasa menderita. Namun jarang disadari bahwa sakit juga banyak memiliki hikmah yang berguna buat hidup kamu selanjutnya.

Berikut hikmah sakit yang jarang kamu sadari:

Membuat kamu jadi lebih introspeksi diri

Sering kali sakit yang kamu derita, lantaran kelalaian sendiri. Mulai dari makan sembarangan, sering begadang, pola hidup dan pola pikir yang tidak sehat. Dengan sakit kamu jadi melihat kebelakang dan bertekad untuk memperbaikinya.

Ajang untuk bersabar

Sakit adalah salah satu media sehingga kamu bisa sabar. Sabar ini akan menjadi amal tersendiri. Kamu akan diganjar kebaikan karena kesabaran atas penyakit yang tengah menghampiri. Allah juga beserta orang yang sabar.

Membuat kamu lebih bersyukur

Kenikmatan yang sering kali kamu abaikan adalah waktu luang dan tubuh sehat. Saat sakit, kamu akan menyadari bahwa sehat itu sangat berharga dan mahal. Dengan begitu kamu akan lebih bersyukur dan memanfaatkan waktu lebih baik ketika sehat nanti.

Menghapus dosa

Sakit adalah salah satu musibah yang apabila kamu sabar menghadapinya justru akan menghapus dosa-dosamu. Dengan kamu sakit, maka kamu juga lebih sulit untuk bermaksiat dan menghindari dosa.

Lebih dekat dengan Allah

Sekian banyak orang yang setelah sakitnya justru menjadi lebih dekat dengan Allah Swt. Sakit menjadi wasilah yang bisa membuat kamu lebih banyak merenung dan menghayati perjalanan hidup. Sakit juga membuat seseorang jadi mengingat kematian yang bisa datang menghampiri kapan saja.

Berubah jadi lebih baik

Sakit yang berkah adalah yang membuat kamu jadi pribadi yang lebih baik tatkala sehat. Bukan yang membuat kamu justru bertambah jauh dari Allah. Dengan sakit, orang juga bisa lebih dekat dengan keluarga, teman serta kerabat. Tak jarang silaturahim terjalin kembali lantaran sakit. Sakit juga membuat kamu lebih mempersiapkan dana darurat yang suatu waktu dibutuhkan.

Sakit secara fisik memang bisa cepat dideteksi keberadaannya. Berbeda ketika yang sakit ruhaninya, tak langsung dikenali bahkan yang mengidapnya cenderung tak menyadarinya. Padahal tak jarang justru sakit secara Ruhani ini yang banyak membawa bencana yang lebih besar buat diri, keluarga bahkan bangsa seluruhnya. Oleh karenanya jangan jauh jauh dari orang yang dekat dengan Allah agar sakit secara batin bisa juga terobati. Mohon juga kepada Allah agar menjaga kesehatan jasmani dan ruhani kita secara utuh, aamiin.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...