Ini 8 Alasan Kenapa Kamu Mesti Berthariqah (bagian 4)

0

JAKARTA – Alasan kelima mengapa kita perlu berthariqah, Imam Sayyid Syaikh Abdullah bin Muhammad bin Shiddiq al Ghumari al Hasani, menjelaskan bahwa dalam berthariqah itu sejatinya ialah dekat dan bersahabat (suhbah) dengan para guru (masyayikh al kummal). Kita mengikuti jalan dan mengambil petunjuk dari mereka. Hal itu selaras dengan firman Allah: “Dan Ikutilah orang yang kembali kepada-Ku.” (QS. Luqman ayat 15).

Imam Zarruq berpandangan bahwa yang dinamakan kembali pada Allah (inabah) tidak terjadi kecuali didasari ilmu yang jelas, praktek yang benar dan dalam keadaan (hal) yang tidak melanggar al Quran dan sunnah.

Selanjutnya alasan keenam kenapa kita perlu berthariqah? Bahwa dengan mengikuti jalan tasawuf dan berthariqah akan menyinari bashirah (mata batin) dan meningkatkan spirit seseorang. Sehingga yang terjadi ialah ketergantungannya hanya pada Allah, sandaran hidupnya hanya kepada Allah. Hari-harinya akan dipenuhi oleh semangat dan orientasinya hanyalah Allah. Selain itu qalbunya juga tetap tidak berpaling kepada makhluk-Nya. Semua aktifitas dan keadaannya ialah untuk mengejar hakikat kehidupan yang sebenarnya sesuai dengan syariat baik dalam ucapan maupun tindakan.

Hal inilah yang paling utama yang dituntut bagi setiap mukmin, sebagaimana diisyaratkan dalam hadis Nabi saw kepada Sahabat Ibnu Abbas, “Jika kamu meminta mintalah kepada Allah dan jika kamu memohon pertolongan, mintalah pertolongan kepada Allah.” (HR. Tirmidzi dan Ahmad).

Para sahabat berkomitmen (berbaiat) dengan hal tersebut yakni tidak meminta sesuatu apapun kepada manusia. Hal ini untuk menghilangkan gairah dan keinginan yang bergantung pada makhluk-Nya dan menggantinya dengan merasa cukup dan berlindung hanya pada Al Haqq (Allah Swt).

Oleh: Ust. Saepuloh

Comments
Loading...