Ini 11 Keistimewaan Shalawat di Bulan Sya’ban (Bagian 2)

Kelima, pahalanya setara dengan memerdekakan 10 hamba sahaya

Syekh Muhammad bin Alawi Al Maliki mengatakan bahwa siapa yang bershalawat kepada Nabi, maka baginya ganjaran yang setara dengan memerdekakan 10 budak karena Allah Swt.

Dari Al Barra bin Azib Ra, Nabi Saw bersabda, “siapa yang bershalawat padaku Allah catatkan baginya 10 kebaikan, Dia hapus 10 keburukan darinya, Dia mengangkatnya dengan 10 derajat sebab shalawatnya itu, dan baginya ganjaran semisal memerdekakan 10 budak. Al Mundziri berkata Ibnu Abi Ashim meriwayatkan hadis ini dalam kitab Shalat.”

Keenam, menjadi sebab pengampunan dosa

Shalawat ini akan menjadi sebab diampuninya dosa sesuai dengan keimanan, keikhlasannya dia bershalawat atas Nabi Muhammad Saw.

Ibnu Abi Ashim dan at Thabrani meriwayatkan dari Abi Kahil Ra, Rasulullah bersabda padaku, “Ya Aba Kahil, siapa yang bershalawat padaku setiap hari tiga kali dan setiap malam tiga kali, karena cinta atau rindu kepadaku, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya pada malam dan hari itu.”

Ketujuh, dimintakan ampun dan mendapatkan keramahan di alam kubur

Diriwayatkan dari Sayidah Aisyah ra, Rasul Saw bersabda, “tidaklah seseorang bershalawat padaku, kecuali malaikat keluar menghadap Allah Azza wa Jalla dengan sebab shalawat itu. Allah lalu berkata padanya, pergilah dengan berkah shalawat itu ke kuburan hamba-Ku lalu mohonkanlah ampunan baginya dan sejukkan matanya.”

Kedelapan, mendapatkan syafaat Rasulullah Saw

Ibnu Abi Dawud meriwayatkan dari Abu Bakar Asshiddiq Ra, Aku mendengar beliau berkata saat haji wada’. “Siapa yang bershalawat padaku, aku akan menjadi pemberi syafaat baginya.”

Kesembilan, menghilangkan kefaqiran serta mengundang kebaikan dan keberkahan

Al Hafidz Abu Musa Al Madini dengan sanadnya, dari Sahl bin Sa’d Ra, dia berkata, “Datang seorang lelaki pada Nabi Saw dan mengadu padanya. Maka Nabi berkata padanya, jika kamu masuk rumah, maka ucapkanlah salam baik ada orang atau tidak di dalamnya, kemudian bershalawat padaku, dan bacalah Qul huwa Allahu Ahad (surah Al Ikhlas) sekali.”

Foto: Kelly Lacy.

Orang itu lalu mempraktekkannya, maka Allah menganugerahinya rezeki hingga luber melimpah pada tetangga dan kerabatnya.

Kesepuluh, yang paling banyak bershalawat paling dekat dengan Nabi Saw

Sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan At Tirmidzi dari Anas bin Malik Ra, “manusia yang paling dekat denganku pada hari kiamat ialah yang paling banyak bershalawat padaku.”

Kesebelas, keberkahan dan kebaikan shalawat sampai hingga anak cucu keturunan

Sebagaimana diriwayatkan dari Hudzaifah Ra, ia berkata, “Bershalawat kepada Nabi Saw, (kebaikan dan keberkahan nya) mencakup kepada yang bershalawat serta anak cucu keturunannya.”

Baca Lainnya
Komentar
Loading...