INC Kembali Gelar Kajian Fiqh Nusantara

0

TANGERANG SELATAN – Islam Nusantara Center (INC) kembali mengadakan kajian bertajuk Fiqh Ulama Nusantara. Kajian kali ini mengangkat tema “Adat Dalam Fatwa-Fatwa Nusantara”, dengan menghadirkan Prof. Dr. Kiai M. N Harisudin, M. Fil. I, Guru Besar Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember yang didampingi oleh Dr. Ah. Khoirul Anam, pada Selasa (22/1).

Acara yang diadakan di Wisma Usaha UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Lt. 2 Jl. Ir. H. Juanda No. 95 Ciputat Timur, Tangsel berlangsung sejak pukul 13.00 WIB.

Menurut Prof. Dr. Kiai M. N Harisudin, M. Fil. I, salah satu metode ulama fiqh nusantara adalah metode akomodasi adat. “Meng-acc adat yang juga disebut dalam hukum Islam, misalnya, fiqh gono gini, fiqh kawin culik (merarik) yang berasal dari suku sasak di Lombok Nusa Tenggara Barat dan lain-lain.

Selaras dengan pernyataan di atas, Dr. Ah. Khoirul Anam sepakat bahwa, “berbicara Islam nusantara, adalah berbicara adat istiadat muslim di nusantara.”

INC sendiri didirikan untuk mengkaji khazanah ulama-ulama Islam di nusantara, ia merupakan lembaga yang berupaya mewujudkan keberislaman yang toleran dan moderat berdasarkan nilai-nilai aswaja, kearifan lokal dan keindonesiaan sesuai cita-cita para ulama nusantara. (eep)

Comments
Loading...