Ikhwan TQN Ikuti Kajian Kitab di Singapura

0

GEYLANG – Malam Jum’at ini, Kamis (10/1) ikhwan Thariqah Qadiriyyah Naqsyabandiyyah (TQN) Ponpes Suryalaya mengikuti dzikir khataman yang dilanjutkan dengan kajian kitab al Arba’in an Nawawiyah yang disusun oleh Abu Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi as-Syafi’i (1233-1277 M) di Masjid Khadijah, Geylang, Singapura.

Dr. Muhammad bin Ali, memperkenalkan kitab arbain tersebut sebelum memulai pembahasannya, “Kitab ini penting dibahas, kitab ini juga dikaji hampir seluruh belahan dunia. Bukan hanya itu, kitab hadis tersebut juga telah disyarah oleh banyak ulama serta diterjemahkan dalam berbagai bahasa supaya dipahami oleh masyarakat muslim,” ungkapnya mengantar kajian kitab yang memuat hal-hal pokok dalam agama.

Lebih lanjut, beliau menceritakan motivasi Imam Nawawi dalam menulis kitab yang memuat 40 hadis lebih yang dinilai penting untuk diketahui seorang muslim. Dalam kitab Arbain dituliskan hadis yang diriwayatkan dari Muadz bin Jabal, bahwa siapa yang mengahafal (termasuk mengahayati serta mengamalkan) 40 hadits dari urusan agamanya, maka Allah akan bangkitkan ia pada hari kiamat sebagai orang yang faqih dan berilmu.

Masjid Khadijah sendiri merupakan pusat kegiatan dan pergerakan TQN Pondok Pesantren Suryalaya di Singapura yang dipimpin oleh wakil talqin Abah Anom, H. Ali bin H. Muhammad. Setiap malam jumat, masjid yang juga memiliki program Inabah atau pemulihan pecandu Narkoba ini rutin mengadakan dzikir khataman yang dilanjutkan dengan kajian fiqh dan tasawuf. (eep)

Comments
Loading...