Haul Sewindu KH. TB. A. Ma’ani Rusjdi

Pandeglang – Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Linahdhatil Ulama (MALNU) mengadakan peringatan maulid Nabi Muhammad Saw 1440 H sekaligus menggelar haul VIII KH. TB. A. Ma’ani Rusjdi di Ponpes MALNU, Kebon Jeruk, Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten pada selasa, 19 Rabi’ul Awal 1440 bertepatan dengan 27 November 2018.

Rangkain peringatan sewindu wafatnya mamanda KH. TB. A. Ma’ani Rusjdi dimulai sejak Senin (26/11). Ponpes menggelar khatmil qur’an bil hifdzi di area makam almarhum dan tahlil kubra. Kiai yang lahir pada tahun 1927 tersebut merupakan kiai yang banyak memberi sumbangsih besar di dunia pesantren khususnya di Banten. Silsilah beliau adalah putra KH. TB. Ahmad Rusjdi bin Syaikh Arsyad Tegal Menes yang kemudian bersambung ke Sultan Ageng Tirtayasa, dengan demikian bersambung pula dengan Syaikh Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati sampai Nabi Muhammad Saw.

Ahmad Muwafiq atau biasa dikenal dengan Gus Muwafiq diundang untuk memberikan tausiyah pada acara tersebut. Beliau menyampaikan ceramahnya mulai dari cerita asal usul Banten, sejarah NU, sejarah maulid hingga perjuangan ulama nusantara hingga kisah Nabi Muhammad Saw. “Kalau ada orang masih suka haul tidak akan jadi teroris karena cinta pada ulama dan para wali, karena ulama pasti cinta pada tanah airnya,” tutur ulama asal Yogyakarta tersebut.

Hadir ribuan jama’ah yang terdiri dari alim ulama, pimpinan pondok, santri, undangan dari berbagai daerah serta masyarakat sekitar Pandeglang. (eep/hen)

Komentar
Loading...